nusabali

Kodim Karangasem Tanam 1.500 Mangrove

  • www.nusabali.com-kodim-karangasem-tanam-1500-mangrove

AMLAPURA, NusaBali
Kodim Karangasem menanam 1.500 bibit mangrove di muara Pantai Banjar Labuhan, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (11/4).

Penanaman dipimpin Perwira Seksi Teritorial Kodim Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso. Turut mendampingi Danramil Manggis Kapten CAJ I Nyoman Mangku, Perbekel Antiga I Wayan Madra Arsana, staf Camat Manggis, perangkat Desa Antiga, anggota Koramil Manggis, anggota Polsek Manggis, BPBD, dan masyarakat. Kapten Inf Arif Budi Santoso memaparkan, bibit mangrove didatangkan dari BPDAS (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai) dan Hutan Lindung Unda Anyar Denpasar. Tujuannya agar tidak terjadi abrasi di pesisir selatan. "Pohon mangrove cocok untuk cegah abrasi, cengkraman akarnya kuat," jelas Kapten Inf Arif Budi Santoso.

Kata diam, Mangrove juga berguna untuk menyerap semua jenis logam yang berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Di samping nantinya mampu membantu mengurangi polusi sehingga udara menjadi lebih bersih. Manfaat lain, untuk habitat hewan kecil, sebagai rantai makanan, pelindung kawasan pesisir, melindungi laut dari lumpur dan air akan jadi lebih jernih.

"Hutan mangrove juga bisa untuk objek wisata, selain untuk menambatkan jukung dan tanaman yang telah besar bisa untuk kayu bakar," jelasnya.

Danramil Manggis Kapten CAJ I Nyoman Mangku mengapresiasi program penyelamatan pesisir selatan itu. Apalagi ombak di pesisir selatan tergolong besar, perlu penangkal berupa pohon mangrove. "Selain itu, pesisir nanti menjadi rindang dan hijau, bermanfaat untuk nelayan, dan untuk objek wisata," jerlasnya. *k16

Komentar