nusabali

Sarwaprani Libatkan 190 Pegiat Seni di Bali

Event Seni di Rumah Tanjung Bungkak Denpasar, 12-15 April 2023

  • www.nusabali.com-sarwaprani-libatkan-190-pegiat-seni-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Guna memberi wadah seniman Bali sekaligus merayakan anniversary ke-12, Handmad Art Colective menggelar event Sarwaprani di Rumah Tanjung Bungkak Denpasar, 12-15 April 2023.

“Event ini memiliki tujuan seperti makna dari Sarwaprani itu sendiri yakni sebagai sebuah simbol pergerakan seni, khususnya di Bali yang beragam jenis, baik dalam bentuk visual, audio, maupun audio visual,” kaya Ketua Panitia, Dewa Arantika.

Acara yang akan digeber mulai pukul 14.00 - 22.00 Wita ini  akan menghadirkan exhibition, live mural, talkshow, live tattoo, installation, ogoh-ogoh mini, live grafitti, art performance, motor bike show, fashion design, music, dan masih banyak lagi. 

Dalam penyelenggaraan acara ini Handmad Art Colective merangkul  dan berkolaborasi dengan 195 pelaku seni di Bali.

“Kami ingin menjaga keseimbangan dan melestarikan semua aspek kesenian, mengingat seni dan berkesenian dengan konsep yang tidak terlalu formal. Karena kita sadar pegiat seni tidak bisa diajak kaku, melainkan harus luwes,” imbuh Aris Gumilang, panitia pelaksana .

Event yang berlangsung selama empat hari ini akan menerapkan ticketing Rp 25.000 per orang per hari. Tiket ini dimaksudkan untuk mensupport para seniman dan keberlangsungan acara guna mewadahi karya-karya dari para seniman Bali tersebut.

“Jadi ketika pengunjung datang mereka bukan hanya melihat pameran, namun ada banyak aktivitas yang bisa mereka dapatkan di acara ini, jadi untuk tiket Rp 25.000 per orang ini ditujukan untuk mensupport rekan rekan seniman dan juga venue,” terang Dewa Arantika.

Antusias seniman terlibat pun sangat tinggi. Untuk exhibition diikuti 100 orang, installation karya seni sebanyak 40 karya. Selanjutnya ada 35 tallent perform, dan 20 komunitas mural di acara ini. 

Dewa Arantika pun menyatakan penyesalannya tidak bisa mengakomodir antusias seniman secara keseluruhan.

“Mohon maaf banget bukannya tidak mau merangkul atau bagaimana, tapi kapasitas venue yang membatasinya,” kata Dewa Arantika sembari berharap pada event ke depan bisa menampung lebih banyak seniman,*win

Komentar