nusabali

Real Madrid Tersandung, Harus Rela Berbagi Gelar

  • www.nusabali.com-real-madrid-tersandung-harus-rela-berbagi-gelar

MADRID, NusaBali
Real Madrid tersandung dan meraih hasil buruk saat menjamu Villarreal pada laga pekan ke-28 LaLiga Spanyol, di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (9/4) dinihari WITA.

Los Blancos pun kalah 2-3, dan kian tertinggal dari Barcelona di puncak klasemen sementara. Kekalahan itu membuat Real Madrid sepertinya harus menyerahkan gelar LaLiga kepada Barcelona. Pasalnya, Madrid sendiri berpeluang meraih trofi Copa del Rey, usai melaju ke final untuk menghadapi Osasuna pada 6 Mei mendatang.

Ya, Real Madrid membuang kesempatan meraih tiga poin. Pasukan Carlo Ancelotti itu sempat dua kali unggul lewat gol bunuh diri Pau Torres dan aksi Vinicius Junior. Namun, Madrid kemudian kebobolan tiga kali, dan kalah 2-3. Tiga gol Villarreal dicetak Samu Chukwueze (dua gol) dan Jose Luis Morales.

Ancelotti melakukan beberapa rotasi saat berjumpa Villarreal. Rotasi memang wajib dilakukan. Ini bukan hanya soal duel lawan Barcelona yang lewat tetapi lawan Chelsea, tengah pekan ini.

Villarreal terbukti bukan lawan yang mudah bagi Madrid. Kapal Selam Kuning dalam performa yang bagus dan memberi hukuman pada Madrid karena perhitungan rotasi pemain yang kurang ideal. Musim 2022/2023 ini, Real Madrid selalu kalah ketika berjumpa Villarreal Pada putaran pertama lalu, di Stadion de la Ceramica, Madrid 2-1.

Selain berbagi poin, Real Madrid juga mengajarkan 'indahnya' berbagi gelar juara. Madrid baru saja membuat Barcelona gigit jari di Copa del Rey usai dikalahkan 4-0 pada babak semifinal.

Namun, Madrid baru saja membagikan gelar juara La Liga 2022/2023 untuk Barcelona. Menyusul kekalahan dari Villarreal, dan andai Barcelona menang lawan Girona, maka Madrid akan tertinggal 15 poin di klasemen LaLiga.

Secara matematis, Real Madrid masih punya peluang untuk mengejar poin milik Barcelona. Namun, dengan 15 poin, Madrid harus realistis.

Ada nuansa Barcelona di tim Villarreal yang mengalahkan Real Madrid. Faktor ini menjadi sedikit pelipur lagi bagi fans Barcelona usai pekan lalu dikalahkan Real Madrid di Copa del Rey.

Unsur Barcelona di kubu Villarreal pertama adalah pelatih Quique Setien. Pria 64 tahun itu pernah melatih Barcelona selama delapan bulan pada 2020.

Lalu kiper Pepe Reina. Sosok veteran itu jebolan tim muda Barcelona. Reina lahir di Madrid, tetapi memulai karier di Barcelona. Reina pindah ke Barcelona pada 2022, menuju ke Villarreal. *

Komentar