nusabali

Makanan Jadi Lebih Bergizi dan Gurih, Billy MCI Pakai Susu Kambing Etawa

  • www.nusabali.com-makanan-jadi-lebih-bergizi-dan-gurih-billy-mci-pakai-susu-kambing-etawa

DENPASAR, NusaBali.com - Susu kerap jadi bahan dalam pembuatan berbagai jenis makanan kekinian. Selama ini susu sapi jadi pilihan utama ibu di dapur hingga chef restoran. Di luar itu siapa sangka susu kambing juga bisa jadi pilihan lain bahkan memiliki sejumlah kelebihan dibanding susu sapi. 

Finalis ajang pencarian bakat memasak Master Chef Indonesia (MCI) Billy Leonardo, 32, mengungkapkan penggunaan susu pada beberapa menu makanan membuat makanan menjadi lebih creamy (gurih). 

Ia mengatakan penggunaan susu kambing ternyata memiliki sejumlah kelebihan dibanding susu sapi yang biasa digunakannya selama ini. 

"Yang pasti produknya lebih bergizi daripada susu sapi dan bisa digunakan untuk macam-macam makanan karena tingkat kekentalannya cukup tinggi," ujar Chef Billy  kepada NusaBali, Rabu (29/3/2023). 

Billy mengatakan, selama ini susu kambing  memiliki image kurang menarik di masyarakat, karena misalnya punya rasa yang lebih amis dibanding susu sapi. Kendati demikian, dengan cara pengolahan yang tepat, ternyata susu kambing bisa meningkatkan kualitas makanan, baik dari sisi citarasa maupun kecukupan gizinya, melebihi susu sapi. 

Susu segar kambing etawa memiliki beberapa komposisi gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, sodium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, dan laktoferi. Menurut US Departement of Agriculture, gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. 

"Kalau penggunaannya benar, dimasak dengan benar, diolah dengan benar, malah dapat sisi bagusnya," kata kontestan MCI season 9 ini. 

Menurutnya penggunaan susu kambing yang teksturnya lebih kental ini pada adonan tidak perlu terlalu banyak. Selain itu juga perlu dipastikan tingkat kematangan dan temperatur optimal yang digunakan saat memasak. 

Billy yang saat ini berdomisili di Bali mengatakan, belakangan ini ia mulai bereksperimen pada resep-resep makanannya menggunakan susu kambing segar jenis etawa. Dua resep masakan yang sudah dicobanya yakni bread pudding dan frittata (omelet khas Italia). 

Pada pembuatan bread pudding, susu kambing terbukti menambah citarasa susunya. "Kalau susu sapi agak cair, kalau susu kambing lebih creamy," ucapnya. 

Sementara itu, lanjut finalis 13 besar MCI ini, susu kambing etawa pada menu frittata yang cocok sebagai menu sarapan dapat memperkaya gizi dan citarasa yang jauh lebih enak dan creamy. 

"Kalau susu sapi biasanya terkesan encer dan kurang jadi, kurang bagus bentuknya, jadi agak lembek. Kalau pakai susu kambing etawa ini lebih bagus hasilnya," tambahnya.  

Billy mengatakan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal tingkat kesegaran susu kambing juga menjadi perhatiannya. Untuk itu selama ini ia memakai susu kambing etawa segar Araca Milk yang diketahuinya merupakan susu kambing segar produk lokal di Bali. 

Susu kambing etawa Araca Milk diproduksi langsung di pusat peternakan sendiri yang berada di wilayah Singapadu, Gianyar. Araca Milk diketahui  menjadi produksi susu kambing segar dari dairy farm atau peternakan pemerahan susu khusus kambing etawa pertama di Bali.

"Untuk resep masakan, harus pakai susu kambing yang segar dan kental, kalau pakai yang kemasan pasti jadinya kurang baik," tandas Billy yang juga konsultan masakan ini. *cr78 

Komentar