nusabali

Jangan Khawatir! Ini 5 Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi pada Lutut

  • www.nusabali.com-jangan-khawatir-ini-5-cara-alami-mengobati-nyeri-sendi-pada-lutut

DENPASAR, NusaBali.com - Nyeri sendi merupakan rasa sakit dan tidak nyaman yang terjadi pada bagian sendi.

Nyeri sendi yang dialami oleh seseorang bisa berbeda-beda, seperti nyeri tumpul, tajam, kaku, maupun rasa panas di sendi.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun tanpa terkecuali. Baik itu usia tua, bahkan usia muda sekalipun bisa mengalami nyeri sendi.

Sendi sendiri harus senantiasa dijaga, karena menjadi bagian penting dalam membantu anggota tubuh untuk tetap aktif bergerak dengan nyaman.

Lantas, bagaimana cara alami mengobati nyeri sendi pada lutut? Apakah ada cara yang efektif untuk mengatasinya?

Konsumsi Susu Etawalin

Susu Etawalin merupakan susu untuk sendi dan tulang terbaik yang bisa mengatasi masalah nyeri sendi, terutama pada lutut.

6 kandungan alaminya, seperti susu kambing etawa, temulawak, jahe, daun salam, sereh, dan kayu manis, bisa meminimalisir dan mengobati masalah sendi dan tulang.

Berbahan 100% herbal alami, Etawalin telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi POM TR 222007251.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Tidak hanya minum Susu Etawalin, penting juga untuk bisa memperhatikan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin.

Buah maupun sayuran mengandung kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari yang namanya kerusakan.

Antioksidan yang ada pada buah apel, bawang merah, hingga strawberry sangat bermanfaat dalam meredakan nyeri dan peradangan pada persendian.

Kompres pada Bagian Lutut

Untuk mengompres, bisa kompres panas maupun dingin dalam mengatasi masalah nyeri sendi pada lutut.

Alasannya, efek suhu panas dari hasil kompresan tersebut bisa melemaskan otot dan sendi pada lutut, yang mengurangi rasa kaku penyebab dari rasa sakit.

Sementara itu, sensasi rasa dingin juga bisa meredam pembengkakan, radang, bahkan rasa nyeri.

Atur Berat Badan

Jika kamu merasa mengalami berat badan berlebih, mungkin lutut yang sering merasa sakit atau nyeri ini menjadi pertanda jika kamu harus segera mengurangi berat badan.

Risiko mengalami sakit lutut jauh lebih besar pada mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Dengan menurunkan berat badan secara ideal, walaupun sedikit saja, bisa memberikan perubahan besar terhadap rasa sakit yang dirasakan pada lutut.

Kurangi Aktivitas Sejenak

Mengurangi aktivitas sejenak alias mengistirahatkan lutut agar bisa mengurangi bahkan meminimalisir risiko sakit pada lutut.

Hal ini dilakukan agar bisa mencegah terjadinya cedera dan rasa sakit yang bisa jauh lebih parah.

Tidak hanya itu saja, istirahat yang cukup juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan seluruh jaringan di lutut dan sekitarnya.

Komentar