nusabali

Araca Milk, Susu Segar Kambing Etawa dari Dairy Farm Pertama di Bali

  • www.nusabali.com-araca-milk-susu-segar-kambing-etawa-dari-dairy-farm-pertama-di-bali

GIANYAR, NusaBali.com – Araca Milk menjadi produsen susu kambing segar dari dairy farm atau peternakan pemerahan susu khusus kambing etawa pertama di Bali.

Selain merupakan 100 persen susu segar kambing etawa dari peternakan sendiri, ada multi manfaat dan keunggulan yang terkandung dalam sebotol Araca Milk. Sayangnya, masyarakat saat ini masih terlalu nyaman dengan susu sapi meskipun dari segi gizi tidak sekaya yang dikandung susu kambing etawa.

Berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian tahun 2018, masyarakat Indonesia yang mengonsumsi susu sapi mencapai 11,09 liter per kapita per tahun. Sedangkan untuk susu kambing hanya sebanyak 9,6 liter per kapita per tahun.

“Padahal kandungan gizi susu kambing etawa jauh lebih tinggi dari pada susu sapi. Menurut US Departement of Agriculture, gizi susu kambing etawa itu mendekati komposisi sempurna ASI,” ungkap Co-Founder Araca Milk, Ni Made Anita Dwi Savitri, 26, ketika dijumpai pada sela-sela mengikuti Ubud Artisan Market,  Sabtu (17/12/2022) sore.

Susu segar kambing etawa memiliki beberapa komposisi gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, sodium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, dan laktoferi. Berkat kandungannya ini, di beberapa daerah di Indonesia seperti Padang, Sumatera Barat dan Karanganyar, Jawa Tengah, susu kambing etawa dijadikan bantuan untuk anak yang terindikasi stunting.

Foto: Araca Milk untuk konsumsi individu. -RATNADI

Anita menjelaskan bahwa Araca Milk sendiri merupakan pionir peternakan pemerahan susu khusus kambing etawa di Bali. Susu kambing etawa Araca Milk diproduksi di pusat peternakan sendiri yang berada di bilangan Singapadu, Kabupaten Gianyar. Inovasi dairy farm khusus kambing etawa di Pulau Dewata ini merupakan besutan creativepreneur, Tessar Napitupulu dan Angelina Dinda Natalie.

Sebagai pionir, Araca Milk mengedepankan standar tinggi dalam proses peternakan. Beberapa indikator pun dikonsep dengan matang mulai dari desain kandang, pakan bergizi dari leguminosa dan hijau-hijauan, pola makan, higiene pemerahan, hingga perlakuan susu kambing yang baru diperah pun terstandardisasi dengan baik dan konsisten demi menjaga kualitas produk.

“Kami adalah pionir untuk produsen 100 persen susu segar kambing etawa di Bali. Tanpa bahan-bahan tambahan terutama gula dan pengawet. Berbeda dengan susu kambing dalam bentuk bubuk yang sudah pasti diolah dengan bahan tambahan seperti yang beredar di pasaran,” kata Anita.

Meskipun baru berdiri sejak November lalu, Araca Milk sudah mampu menjaring ratusan konsumen dan puluhan pelanggan di Bali dan daerah lain di Indonesia. Susu kambing segar yang dikemas dalam kemasan botol 500 mililiter ini dipercayai memiliki sedikitnya 26 khasiat kesehatan.

Foto: Araca Milk untuk hewan peliharaan. -RATNADI

Berdasarkan testimoni para pelanggan, susu segar kambing etawa produksi Araca Milk dikatakan membawa kesan positif dari aspek kesehatan, kecantikan, hingga penyakit dalam. 

Dari segi kesehatan, susu segar kambing etawa ini dipercaya dapat meringankan kolesterol, tuberkulosis, asma, melancarkan peredaran darah, menurunkan diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, meringankan asam lambung dan masih banyak lagi. Bagi ibu yang memiliki buah hati masih menyusui, susu kambing dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Sedangkan untuk kecantikan, susu segar kambing etawa dari Araca Milk ini merupakan sahabat sejati kaum hawa dalam hal perawatan kulit. Mengonsumsi susu kambing dapat membantu mencerahkan kulit, meregenerasi sel-sel kulit, mencegah penuaan dini, merawat kulit kusam, dan masih banyak lagi.

“Susu segar kambing etawa produksi Araca Milk ini baik dikonsumsi pada saat bangun tidur ketika perut masih kosong dan saat sebelum tidur. Beberapa testimoni mengatakan produk kami ini sangat ampuh untuk asam lambung,” beber perempuan asal Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal.

Selain unggul dari segi khasiat, susu kambing segar produksi Araca Milk tidak berbau menyengat atau amis seperti stigma masyarakat terhadap susu kambing yang diproduksi tidak terstandar dan kurang profesional. Kata Anita, pasca pemerahan susu dari sedikitnya 30 kambing betina berkualitas, susu kambing hasil perahan harus melewati proses pasteurisasi pada suhu 70 derajat Celsius.

Foto: Booth Araca Milk di Ubud Artisan Market. -IST

Proses pasteurisasi atau pemanasan ini berfungsi untuk membunuh lemak jahat dan ekses mikroba lain dari proses pemerahan agar lebih awet dan aman dikonsumsi. Meskipun demikian, lantaran sama sekali tidak mengandung bahan tambahan, susu kambing etawa Araca Milk hanya mampu bertahan selama 6 jam di suhu ruang atau tanpa lemari pendingin.

Untuk saat ini, Araca Milk masih menghadapi tantangan dalam memenetrasi kalangan muda. Kawula muda dinilai sedikit apatis dan stigmatik ketika mendengar susu kambing. Padahal khasiat susu kambing etawa sangat cocok bagi anak muda kekinian yang suka rebahan dan bergadang.

Dua kebiasaan buruk yang disengaja maupun karena tuntutan pekerjaan ini dapat menimbulkan komplikasi seperti menaikkan kadar asam lambung, merusak keseimbangan hormon, hingga menurunkan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, selain menyasar kalangan paruh baya yang sudah kebanyakan menjadi pelanggan, segmen konsumen muda menjadi target penting terutama dalam hal edukasi khasiat susu segar kambing etawa ini.

“Selain untuk manusia, susu kambing etawa ini juga bisa dikonsumsi oleh hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing. Kami sendiri saat ini juga sudah ada produk khusus untuk susu kambing yang diperuntukkan bagi hewan peliharaan,” tutur Anita.

Foto: Araca Farm di bilangan Singapadu, Gianyar. -IST

Susu kambing untuk hewan peliharaan ini diambil dari kambing betina yang baru melahirkan. Perahan pertama dari kambing betina ini biasanya sangat berlemak dan dari segi rasa sangat hambar. Alih-alih tidak termanfaatkan, perahan pertama yang sebenarnya lebih kaya nutrisi ini dikemas jadi susu hewan peliharaan.

Produk susu kambing etawa segar produksi Araca Milk ini sudah bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Untuk wilayah Denpasar dan sekitarnya, ada promo gratis ongkir. Produk pertama dari Araca Milk ini bisa ditelusuri melalui akun resmi di Instagram mereka @aracamilk.

Anita selaku Co-Founder Araca Milk menegaskan bahwa produk susu segar kambing etawa dari perusahaan yang bermarkas di Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung ini akan berekspansi dari segi produk dan bisnis.

Setelah sukses merintis dairy farm khusus kambing etawa pertama di Bali, Araca Milk bakal mengeluarkan inovasi produk berbasis susu kambing lain. Selain itu, Araca Milk pun berencana membuka wisata edukasi mengenai peternakan kambing dan menjadi industri pengolahan susu kambing terbesar di Indonesia. *rat

Komentar