nusabali

Pemasangan STB TV Kejar Target

  • www.nusabali.com-pemasangan-stb-tv-kejar-target

SINGARAJA, NusaBali
Distribusi bantuan Set Top Box (STB) televisi di Kabupaten Buleleng, terus bergerak.

Tim distribusi optimis pemasangan STB bagi masyarakat miskin di Buleleng  akan tepat waktu atau sesuaio target. Target ini sebelum batas waktu peralihan siaran analog ke siaran digital, Senin (20/3) mendatang.
 
Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfo Santi) Buleleng memantau pemasangan STB,  Senin (13/3) kemarin. Sejumlah penerima bantuan STB di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng, dikunjungi langsung. Salah satunya Made Tamika, 47.
 
Dia mengaku sudah lama tidak bisa menonton TV, sebab parabolanya rusak. Sedangkan untuk membeli yang baru belum terpenuhi karena kondisi ekonomi. “Saya sudah hampir setahun tidak menonton TV. Karena tidak bisa beli alat receiver baru. Dulu, saya pakai parabola. Tapi karena rusak, mau bagaimana lagi,” terang Tamika.

Sebagai salah satu penerima bantuan STB, Tamika merasa sangat senang. Minimal saat ini, anak-anaknya bisa mendapatkan hiburan dengan menonton televisi. Dengan perangkat baru bantuan pemerintah ini dia mengaku tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos tambahan untuk memanggil teknisi saat ada pergeseran sinyal chanel siaran.

Perbekel Panji Made Mangku Ariawan mengatakan bantuan STB kepada 172 KK warganya sangat membantu dalam mengakses hiburan dan informasi. Terlebih geografis wilayah Buleleng membuat akses untuk mendapatkan siaran analog cukup sulit.

“Harapan kami bantuan STB bisa ditambah. Karena selain warga yang masuk data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) juga ada masyarakat miskin yang juga memerlukan,” terang mantan Anggota DPRD Buleleng ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfo Santi) Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, distribusi STB bantuan pemerintah sebanyak 4.351 KK khusus di tujuh kecamatan di Buleleng. Khusus Kecamatan Gerokgak dan Seririt, bantuan didistribusikan oleh pemenang mux siaran. “Kami optimis dengan sisa waktu tujuh hari ke analog switch off, distribusi STB akan mencapai target,” ucap Suwarmawan.
 
Di tempat yang sama, Koordinator Vendor STB Distribusi Buleleng Judy Sumilat mengatakan, 1.174 STB didistribusikan di Kecamatan Sukasada. Selasa kemarin, hari ke-3 dalam pendistribusian STB. “Kami dibantu 14 anggota tim teknis berpengalaman. Kami optimis distribusi STB akan selesai tepat waktu,” tegas dia.*k23

Komentar