nusabali

Bangli Genjot Layanan Administrasi

Sejumlah Desa Mulai Terapkan Sistem Online

  • www.nusabali.com-bangli-genjot-layanan-administrasi

BANGLI, NusaBali
Untuk mempermudah dan mempercepat layanan administrasi, sejumlah desa di Kabupaten Bangli mulai melakukan inovasi layanan.

Sejumlah Desa di Gumi Sejuk mulai menerapkan sistem online untuk layanan administrasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Bangli, I Dewa Agung Putu Purnama, Sabtu (11/3).

Agung Purnama  mengatakan sesuai arahan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, desa - desa wajib berinovasi dalam pelayanan masyarakat. Salah satunya dengan inovasi layanan secara online. Kata dia, penerapan sistem online untuk layanan administrasi baru diambil sample. “Belum seluruh desa menerapkan sistem online. Untuk sementara baru sample, harapkan kita nantinya bisa diterapkan di seluruh desa,” ujar Agung Purnama.

Agung Purnama menjelaskan, untuk layanan administrasi secara online sudah diterapkan di desa yang ada di wilayah Kecamatan Susut, salah satunya Desa Penglumbaran. Lanjutnya, layanan administrasi secara online seperti mengurus surat-surat. Masyarakat menggunakan smartphone untuk mengisi data atau keperluan. Kemudian di kantor desa tinggal mencetak.

Mantan Camat Tembuku ini menyampaikan, selain administrasi secara online, kini digarap juga penerapan tanda tangan digital. Sebagai awal akan menyasar desa di Kecamatan Tembuku. “Ini sudah dalam proses dan dikomandoi Camat,” jelas Agung Purnama. *esa

Komentar