nusabali

Vaksinasi Rabies, Distan Target 30.000 Anjing

  • www.nusabali.com-vaksinasi-rabies-distan-target-30000-anjing

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar menggelar vaksinasi rabies secara door to door, Senin (6/3).

Vaksinasi ini merupakan pelaksanaan perdana, dan ditarget menyasar 30.000 anjing di Kota Denpasar selama 2023.  Pada vaksinasi perdana, Senin kemarin, menyasar Banjar Abiantubuh, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur. Petugas mendatangi satu per satu rumah warga atau sistem door to door untuk melakukan vaksinasi anjing warga.

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar Anak Agung Gde Bayu Brahmasta, mengatakan untuk vaksinasi rabies tahun 2023 ini menggunakan zona prioritas. Hal ini dilakukan karena keterbatasan anggaran untuk pengadaan vaksin. Adapun jumlah anjing yang akan disasar tahun 2023 ini sebanyak 30.000 ekor.

“Ada beberapa daerah yang kita sasar seperti daerah perbatasan, daerah yang pernah ada kasus, dan daerah dengan populasi anjing tinggi,” kata Agung Brahmasta.

Setelah pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Kesiman, Distan akan melakukan vaksinasi ke Desa Pemogan, Denpasar Selatan. Dikatakannya, masa berlaku kekebalan vaksin hanya 1 tahun dan maksimal 1,5 tahun.

Agung Brahmasta menyatakan, sejak 2017 lalu, Denpasar masih tetap mempertahankan zero rabies. Untuk diketahui, jumlah populasi anjing di Kota Denpasar sebanyak 89.796 ekor.

Sementara, Lurah Kesiman Nyoman Nuada mengatakan hari pertama pelaksanaan vaksinasi rabies menyasar 317 ekor anjing peliharaan warga. Vaksinasi di wilayahnya menyasar 9 lingkungan yang terdiri dari 14 banjar. "Pelaksanaannya mulai hari ini (Senin kemarin) sampai 13 Maret mendatang. Satu hari satu banjar harus tuntas,” kata Nuada.

Menurut Nuada, jumlah populasi anjing di wilayah Kelurahan Kesiman sekitar 2.000 ekor. “Harapannya dengan vaksinasi ini bisa bebas rabies. Pernah ada warga kami yang digigit anjing beberapa waktu lalu, tapi karena anjing tersebut sudah divaksin, jadi lebih aman,” ucap Nuada.

Salah seorang warga, Made Sarta mengaku program vaksinasi gratis ini sangat bagus. Apalagi dirinya memiliki tiga ekor anjing yang belum sempat divaksin. “Bagus ini untuk menanggulangi penyebaran rabies. Anjing saya yang baru saya pelihara bisa dapat vaksin,” ujar Made Sarta. *mis

Komentar