nusabali

Sekda Minta Data Update Setiap Tahun

  • www.nusabali.com-sekda-minta-data-update-setiap-tahun

SEMARAPURA, NusaBali
Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra membuka acara Focus Group Discussion (FGD) penyusunan publikasi Kabupaten Klungkung dalam Angka 2023 di Kelurahan Semarapura Kauh, Kecamatan Klungkung, Selasa (28/2).

FGD ini mengusung tema 'Membangun Klungkung yang Unggul dan Sejahtera Melalui Satu Data Indonesia'. FGD mendiskusikan pertumbuhan ekonomi dan satu data Indonesia yang berkaitan dengan statistik sektoral atau angka Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

FGD dihadiri Kepala Baperlitbang Klungkung Anak Agung Lesmana, Kadis Komunikasi Informatika Klungkung I Wayan Parna, dan OPD lainnya. FGD juga membahas metadata dan peran serta OPD di Kabupaten Klungkung untuk meningkatkan IPS. Winastra minta OPD bisa menggunakan rilis data penduduk dari BPS (Badan Pusat Statistik) Klungkung sehingga rilis data setiap tahun bisa ter-update dengan tepat. “Untuk membangun Klungkung, mari kita bersama-sama bersinergi sehingga data setiap tahunnya bisa diperbaharui dengan tepat,” harap Sekda Winastra.

Winastra juga berharap Yowana Gema Santi yang bertugas di setiap desa bisa bekerja dengan maksimal. Kuatkan komitmen bersama dalam mengarsipkan data dengan maksimal sehingga data bisa diperbaharui dengan baik. “Mari berupaya mewujudkan tata kelola data yang baik sesuai dengan Perpres No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” tegas Winastra.

Kepala BPS Klungkung Ni Putu Minarmi mengatakan, penyusunan publikasi merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Klungkung yang memuat data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. “Melalui FGD ini kualitas data yang tersaji dalam publikasi Klungkung dalam angka dapat ditingkatkan, sehingga publikasi ini menjadi rujukan utama yang digunakan untuk perencanaan, evaluasi, dan dasar dalam membuat kebijakan pemerintah,” harap Minarmi. *wan

Komentar