nusabali

Emir Qatar dan Milyuner Inggris Resmi Bersaing Beli Setan Merah

  • www.nusabali.com-emir-qatar-dan-milyuner-inggris-resmi-bersaing-beli-setan-merah

DOHA, NusaBali
Emir Qatar Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani dan miliuner Inggris Sir Jim Ratcliffe resmi bersaing dan mengajukan penawaran untuk membeli Manchester United (MU)  dari keluarga Glazer.

Ya, keluarga Glazer memulai proses menjual klub Liga Premier Inggris tersebut sejak tahun lalu. Mereka memiliki saham mayoritas klub berjuluk Setan Merah itu dan dilaporkan siap melepas kepemilikan klub dengan nilai enam juta poundsterling ( sekitar Rp 109 triliun).

"Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani hari ini (Sabtu dinihari Wita, red) mengonfirmasi bahwa dia mengajukan penawaran untuk membeli 100 persen (saham) Manchester United Football Club," kata Sheik Jassim, Sabtu (18/2).

"Tawaran tersebut berencana mengembalikan klub ke masa kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan. Dan terpenting, akan berusaha menempatkan para penggemar di sepak bola Manchester United lagi," kata Sheik Jassim.

Sheikh Jassim mengajukan tawaran melalui Nine Two Foundation miliknya dan akan benar-benar bebas utang. Bila dia jadi pemilik baru MU akan berinvestasi ke tim sepak bola, fasilitas latihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas.

Sheikh Jassim adalah putra dari mantan Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, yang juga salah satu orang terkaya di Qatar. Al Thani adalah ketua salah satu bank terbesar di Qatar, Qatar Islamic Bank, yang jadi penawar pertama dan siap membeli 100 persen saham MU.

Sementara setelah Emir Qatar, orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe (70 tahun) dilaporkan juga mengajukan tawaran secara resmi melakukan akuisisi MU. Ratcliffe pihak lainnya yang juga tertarik membeli MU. Menurut laporan The Athletic, Ratcliffe juga mengajukan tawaran resmi sebelum batas waktu penutupan.

Tidak disebutkan dengan detail berapa angka tawaran dari pihak Ratcliffe tersebut. Namun laporan itu mengklaim kalau Ratcliffe ingin mengembalikan kejayaan MU. Ratcliffe adalah salah satu orang terkaya di Inggris dan penggemar berat MU sejak kecil.

Kekayaan pribadi Ratcliffe diperkirakan di kisaran 6 miliar pounds (menurut Sunday Times) hingga 11 miliar pounds (menurut Forbes). Dia memiliki Ineos yang merupakan perusahaan petrokimia raksasa.

Bila terjadi, hal itu melampaui kesepakatan olahraga terbesar saat pengusaha Amerikas Serikat Todd Boehly membeli Chelsea dari Roman Abramovic. Keluarga Glazer membeli MU dengan nilai 790 juta pounds pada 2005. *

Komentar