nusabali

Siswa SD Se Karangasem Dijaring untuk OSN Provinsi

  • www.nusabali.com-siswa-sd-se-karangasem-dijaring-untuk-osn-provinsi

Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tingkat Kecamatan se-Karangasem digelar 19-20 November. 

AMLAPURA, NusaBali
Tiap kecamatan di delapan kecamatan menetapkan 7 pemenang di masing-masing mata pelajaran, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Selanjutnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem merekap nilai dan akan memanggil 50 besar di tiap mata pelajaran untuk dikarantina dan diseleksi di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Karangasem pada Januari 2016 mendatang. Selanjutnya mereka akan diadu untuk memperebutkan 7 besar mewakili Karangasem ke OSN Provinsi Bali.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Karangasem, I Gusti Bagus Budiadnyana memaparkan, hasil seleksi OSN Tingkat Kecamatan se-Karangasem secara kualitas mulai terlihat pemerataan prestasi. Sehingga nantinya mereka akan bersaing memperebutkan tiket 7 besar untuk ke Provinsi Bali tahun 2016. 

Persaingan di mata pelajaran Matematika misalnya, tidak lagi didominasi siswa dari Amlapura. Walau ranking pertama masih dipegang SD Negeri 1 Karangasem melalui I Gede Sadhu Surya Guna skor 45, tetapi saingannya dari SD Negeri 1 Culik, Kecamatan Abang, Ni Kadek Any Rositayani skor 35 disusul I Putu Krisna Jayantara Adi Putra dari SD Negeri 4 Subagan, Kecamatan Karangasem skor 32.

Bahkan di mata pelajaran IPA lebih merata lagi. Walau skor tertinggi dibukukan siswa I Kadek Ditya Mahesa Putra dari SD Negeri 1 Karangasem skor 21, tetapi pesaing yang ada di bawahnya merata dari delapan kecamatan. Penantangnya adalah Ni Luh Sevi Wulandari dari SDN 2 Tianyar, Kecamatan Kubu skor 20, Ni Nyoman Sri Suarningsih dari SD Negeri 2 Duda Timur, Kecamatan Selat skor 19, Ni Komang Trya Dharayani dari SD Negeri 1 Kubu, Kecamatan Kubu skor 19,5 dan sebagainya.

“Persaingan lebih ketat di lomba mata pelajaran IPA. Skornya beda tipis dan kebanyakan dari siswi yang dominan mencatat skor tinggi,” jelas I Gusti Bagus Budiadnyana usai seleksi OSN SD tingkat kecamatan se Karangasem, Minggu (20/12). Kepala SD Negeri 1 Karangasem, I Wayan Tirtayasa mengaku bangga terhadap kemampuan anak didiknya, masih konsisten mampu bersaing memperebutkan tiket ke OSN Provinsi Bali. 
“Jadinya, kami tetap optimis, mampu meloloskan siswa dari SD Negeri 1 Karangasem ke OSN Tingkat Provinsi Bali,” kata Tirtayasa. 

Sedangkan Kepala SD Negeri 1 Kubu, I Made Tantra juga optimis siswanya nanti merebut salah satu tiket ke OSN Tingkat Provinsi Bali. Apalagi salah satu andalannya melalui siswi Ni Komang Trya Dharayani membukukan skor 19,5, sementara berada di peringkat kedua Tingkat Kabupaten Karangasem, hasil dari akumulasi seleksi OSN Tingkat Kecamatan. 

“Masih ada waktu melakukan persiapan, untuk meningkatkan kemampuan sebelum menghadapi OSN Tingkat Kabupaten Karangasem dalam upaya merebut tiket ke OSN Provinsi,” katanya. 7 k16

10 BESAR OSN TINGKAT KECAMATAN DI KARANGASEM

Mata Pelajaran IPA
I Kadek Ditya Mahesa Putra SDN 1 Karangasem skor 21 
Ni Luh Sevi Wulandari SDN 2 Tianyar skor 20 
Ni Komang Trya Dharayani SDN 1 Kubu skor 19,5 
Ni Nyoman Sri Suarningsih SDN 2 Duda timur skor 19 
I Komang Dharma Sidhi Yatra SDN 1 Duda utara skor 18,5 
I Putu Agus Febriana Putra Wijaya SDN 1 Duda utara skor 17,5 
Ni Putu Ayu Kanya Puspa Dewi SDN 1 Menanga skor 18 
Ni Luh Luzy Puspita Dewi SDN 1 Duda Timur skor 17 
Ni Komang Trisa Narindra Suari SDN 1 Menanga skor 17 
Ni Putu Sasmita Dewi SDN 5 Karangasem skor 16,5  

Mata Pelajaran Matematika
I Gede Sadhu Surya Guna SDN 1 Karangasem skor 45 
Ni Kadek Any Rositayani SDN 2 Culik skor 35 
I Putu Krisna Jayantara Adi putra SDN 4 Subagan skor 32 
Ida Wayan Jina Aishwarya SDN 2 Culik skor 31 
I Gede Surya Baskara Darma SD Insan mandiri skor 29 
I Wayan Gede Angga Apriana SDN 1 Rendang skor 29 
Ni Kadek Mas Murdani Wahyuning SDN 5 Rendang skor 28,5 
I Gusti Bagus Mahendra Danuartha SDN 4 Subagan skor 28 
I Putu Widhi Anugraha Yogiswara SDN 4 Subagan skor 28 
Ericha Mellyana SD Insan Mandiri skor 27

Komentar