nusabali

Cegah Stunting, Bunda PAUD Tabanan Serahkan Makanan Sehat di Dua TK

  • www.nusabali.com-cegah-stunting-bunda-paud-tabanan-serahkan-makanan-sehat-di-dua-tk

TABANAN, NusaBali
Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan alat permainan edukatif (APE) di TK Negeri Pembina dan TK Negeri Pertiwi Kecamatan Tabanan, Kamis (9/2).

Bantuan diberikan sebagai upaya pencegahan stunting di Tabanan. Kedatangan Rai Sanjaya didampingi oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama, Sekretaris Camat, Bunda PAUD Kecamatan Tabanan, para pendidik dan tenaga kependidikan TK Negeri Pembina dan TK Negeri Pertiwi, serta riuh dan semangat anak-anak TK yang turut menyambut saat itu.

Rai Wahyuni Sanjaya meminta dalam mencegah stunting, orangtua dan tenaga pendidik harus memperhatikan kesehatan gizi anak didiknya setiap hari. Tumbuh kembang dan segala aktivitasnya harus diperhatikan dengan baik. "Usia dini adalah masa riskan, pembentukan gizi dan perilaku yang baik menjadi tabungan di masa perkembangan saat dewasa," pesannya.

Untuk itu, selaku Bunda PAUD dia akan berkomitmen memperhatikan penunjang tumbuh kembang anak usia dini di Tabanan. Segala bantuan yang berkaitan dengan anak usia dini akan diprioritaskan. "Total kami berikan bantuan kepada 158 anak usia dini. Selain makanan sehat kami bantu permainan  dengan tujuan agar anak menjadi kreatif, cerdas dan bermutu," terang Rai Wahyuni Sanjaya.

Dia pun menekankan kepada para orangtua untuk tetap memperhatikan gizi anak terutama kepada calon orangtua untuk terus mengikuti pelatihan dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan reproduksi. “Pencegahan stunting dimulai dari pasangan itu akan menikah, nanti ada pelatihan-pelatihan bagaimana untuk menjaga kesehatan reproduksi, bisa juga melalui pola asuh agar ibu-ibu, orangtua, tetap memperhatikan gizi anaknya di rumah," pintanya.  Kegiatan pemberian bantuan ini akan menyasar seluruh Tabanan karena target bantuan yang disebar sebanyak 1.000 paket.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Tabanan Gusti Putu Ngurah Darma Utama mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. “Terima kasih atas kehadiran Bunda PAUD Kabupaten Tabanan yang terus memberikan perhatian, pemikiran dan bantuan dalam segala bentuk program dan kegiatan, untuk penguatan pendidikan di jenjang TK dan PAUD," ungkapnya. Dia juga berharap dengan bantuan ini bisa memberikan manfaat nyata dan mendukung kreativitas anak-anak usia dini. *des

Komentar