nusabali

2.398 Warga Tabanan Dibantu STB

  • www.nusabali.com-2398-warga-tabanan-dibantu-stb

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 2.398 masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tabanan mendapat bantuan set top box (STB) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Bantuan yang didapat ini menyebar di 10 kecamatan. Ditarget pendistribusian peragkat untuk menonton siaran TV digital ini tuntas Februari 2023.  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tabanan, I Putu Dian Setiawan mengatakan, bantuan STB sudah didistribusikan. Sebelum mendistribusikan penerima sudah diberikan pemahaman terkait penggunaannya. "Total bantuan yang kita terima 2.398, penerima langsung ditentukan pusat. Kita tinggal menerima," jelasnya, Kamis (9/2).

Pendistribusian STB ini Kementerian Kominfo bekerjasama dengan pihak ketiga. Dan pemasangan kepada penerima ditarget harus tuntas akhir Februari 2023. "Hasil rapat pemasangan STB harus tuntas akhir Februari. Pendistribusian sudah berproses," katanya.

Penerima STB sejumlah 2.398 kepala keluarga (KK) ini merata di 10 kecamatan. Terbanyak ada di Kecamatan Kediri 529 KK, kemudian di Kecamatan Marga 475 KK, lalu Kecamatan Selemadeg 381 KK, Kecamatan Tabanan 348 KK. Sementara sisanya berada di kisaran angka ratusan dan puluhan. "Mudah-mudahan pemasangan sesuai dengan target," harapnya.

Menurutnya STB ini adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Jadi ketika pemerintah mengalihkan TV analog ke digital untuk wilayah Bali per 20 Maret 2023, masyarakat tak perlu khawatir masih bisa menonton TV secara bagus. *des

Komentar