nusabali

Desa Kesiman Kertalangu Miliki Aplikasi BUMDesku

Warga Bisa Belanja secara Online, Barang Diantar ke Rumah

  • www.nusabali.com-desa-kesiman-kertalangu-miliki-aplikasi-bumdesku

DENPASAR, NusaBali
Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, kini memiliki aplikasi BUMDesku. Aplikasi ini memiliki sistem kerja layaknya marketplace yang sudah memiliki aplikasi di Android.

Namun saat ini aplikasi tersebut masih melayani wilayah Kesiman Kertalangu. Perbekel Kesiman Kertalangu I Made Suena, Rabu (8/2), mengatakan aplikasi BUMDesku dikelola oleh BUMDes Kerta Sari Utama. Aplikasi ini menurut dia memiliki cara kerja seperti toko online tapi dengan jangkauan yang masih wilayah Kesiman.

Suena mengatakan aplikasi ini digunakan oleh warga jika ingin berbelanja namun sedang enggan ke luar rumah. Cara penggunaannya yakni warga tinggal instal aplikasi di Playstore. “Untuk pemesanan barang yang ingin dibeli tinggal pilih di aplikasi apa yang ingin dibeli,” jelasnya.

Setelah pemesanan dilakukan nantinya akan ada petugas yang mengirimkan barang yang dibeli. Untuk di Kesiman Kertalangu biaya antarnya gratis. Untuk pembayaran bisa transfer atau bisa COD (cash on delivery alias bayar di tempat). Di dalam aplikasi menampilkan produk unggulan Desa Kesiman Kertalangu.

Beberapa produk yang dipasarkan di aplikasi ini seperti lengis usadha, loloh kunyit, hingga virgin coconut oil (VCO). Bahkan untuk tiket edukasi di Teba Majalangu juga bisa membeli lewat aplikasi BUMDesku ini. “Meskipun melayani lewat aplikasi, kami juga melayani secara offline, tergantung konsumen,” imbuh Suena.

Berkat aplikasi ini, BUMDes Kerta Sari Utama, Desa Kesiman Kertalangu mendapat penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI. BUMDes ini meraih penghargaan pada kategori BUMDes Inspiratif, Unik, dan Inovatif salah satunya berkat Teba Majalangu. *mis

Komentar