nusabali

Perbaiki Saluran Incinerator TPST, Wawali: Dinas LHK Sudah Diinstruksikan

  • www.nusabali.com-perbaiki-saluran-incinerator-tpst-wawali-dinas-lhk-sudah-diinstruksikan

DENPASAR, NusaBali - Bau tidak sedap yang mengganggu warga di seputaran Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur akibat pembuangan asap dari saluran incinerator Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) ditanggapi serius oleh Pemkot Denpasar. 

Pemkot memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) agar segera meminta rekanan untuk melakukan perbaikan.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Rabu (19/4). Menurut dia, pihaknya sudah mengecek ke lokasi terkait dengan proses pembuangan asap yang dikeluhkan oleh masyarakat karena bau sampah yang menyengat. 

Wawali Arya Wibawa mengatakan sudah memanggil Dinas LHK agar segera melakukan perbaikan. Sebab, jika tidak segera dilakukan dikhawatirkan akan banyak masyarakat yang mengeluh akibat bau tersebut. “Sudah dilakukan pengecekan dan kami sudah memanggil Kadis LHK  untuk segera melakukan perbaikan-perbaikan, khususnya saluran pembuangan asap,” kata Wawali Arya Wibawa.

Wawali Arya Wibawa mengungkapkan, saat ini saluran pengasapan sudah dalam tahap perbaikan agar alur pengasapan lebih baik, tidak mengganggu warga sekitar TPST. “Sedang dilakukan perbaikan, sekarang sedang dalam tahap perbaikan alur pengasapan itu,” ujarnya.

Terkait seluruh TPST beroperasi 100 persen pada bulan Juni, Wawali Arya Wibawa mengatakan optimistis bisa terealisasi. Apalagi saat ini yang kurang terus diperbaiki dan disempurnakan. Sehingga dia berharap, masalah sampah di Kota Denpasar segera bisa teratasi, tidak lagi terjadi penumpukan seperti sebelumnya.

Sebelumnya warga di kawasan sekitar TPST di Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur mengeluhkan bau tak sedap dari kawasan TPST di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Denpasar. Bau tersebut sering tercium ketika asap keluar dari cerobong yang ketinggiannya nyaris menyamai tinggi rumah warga. Warga yang berada di kawasan Jalan Gemitir dan Biaung mengaku selalu mencium bau sampah. Apalagi ketika angin sedikit kencang bau sampah tersebut semakin menyengat. 7 mis

Komentar