nusabali

458 Perenang Saling Adu Cepat di Bali Swimming Challenge

  • www.nusabali.com-458-perenang-saling-adu-cepat-di-bali-swimming-challenge

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 458 atlet dari 27 klub renang di Bali maupun luar Bali, ditambah 7 sekolah akan berkompetisi pada event renang Bali Swimming Challenge yang berlangsung di kolam renang Tirta Arum Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal.

Kejuaraan yang akan berlangsung, Sabtu (28/1) hari ini hingga Minggu (29/1) besok juga diikuti para perenang terbaik di Bali termasuk para jawara Porprov Bali XV/ 2022. Ajang ini sekaligus menjadi pemanasan bagi para atlet sebelum berlaga di sejumlah kalender event sepanjang 2023.

Gebrakan dilakukan klub renang Tirta Harapan Swimming Club (THSC) Denpasar di awal tahun 2023, dengan unjuk gigi menggelar event renang bertajuk Bali Swimming Challenge yang berlangsung di kolam renang Tirta Arum Blahkiuh. Selain menjaring bibit perenang potensial sejak usia dini, event ini sekaligus menjadi sarana meningkatkan pengalaman berlomba dan evaluasi hasil latihan bagi para atlet terutama jelang berlaga menghadapi sejumlah kalender event berskala lokal, regional, nasional, maupun internasional sepanjang 2023.

Kejuaraan yang baru pertama kali diselenggarakan ini, sengaja berlangsung pada awal tahun agar mampu menjadi ajang pemanasan bagi para atlet sebelum berlaga di Porsenijar Bali 2023 maupun sejumlah event nasional. Salah satunya kejuaraan renang antar sekolah dan perguruan tinggi seluruh Indonesia (KRASSI) di Yogyakarta, awal Februari mendatang.

“Tambahan kalender event semacam ini tentu lebih memotivasi para atlet untuk giat berlatih. Apalagi Bali menjadi salah satu daerah di tanah air yang cukup diperhitungkan di cabang akuatik mulai dari level kelompok umur hingga senior,” kata Panitia Bali Swimming Challenge I Wayan Erich Hermawadhi Tunas, dalam keterangan pers yang diterima NusaBali, Jumat (27/1).

Event yang rencananya dibuka Ketua Umum Pengprov PRSI Bali Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, memperlombakan 6 kategori kelompok umur (KU) mulai dari KU pemula usia 7 tahun dan di bawahnya hingga KU senior dan KU 1 atau 16 tahun dan diatasnya. “Sebagian besar perenang Bali yang meraih juara para ajang Porprov XV/2022 juga dipastikan ambil bagian, termasuk perenang Bali yang sebelumnya membela kontingen Merah Putih pada Kejuaraan Renang Kelompok Umur (KU) se-Asia Tenggara atau SEA Age Group 2022 di Malaysia,” jelas I Wayan Erich.

Ke depannya juga THSC akan berkoordinasi dengan Pengprov PRSI Bali agar kejuaraan ini bisa menjadi event tahunan yang diselenggarakan secara berkesinambungan setiap awal tahun. “Sebagai ujung tombak pembinaan para perenang, klub juga harus bersinergi memberi wadah demi perkembangan dan kemajuan para atlet, terlebih renang merupakan cabor dengan patokan catatan waktu yang terukur,” kata I Wayan Erich yang merupakan salah satu pelatih tim renang Indonesia di ajang SEA Age Group 2022 di Malaysia. *asa

Komentar