nusabali

Bantuan Ayam Petelur Tak Maksimal, Pemerintah Desa Sanding Rencana Buat Kandang Komunal

  • www.nusabali.com-bantuan-ayam-petelur-tak-maksimal-pemerintah-desa-sanding-rencana-buat-kandang-komunal

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar berikan bantuan ayam petelur kepada 70 rumah tangga.

Program ini digelontorkan pada April 2022 lalu. Namun, bantuan yang memanfaatkan 20 persen dana desa untuk Program Ketahanan Pangan dan Hewani ini tak berjalan maksimal. Sejumlah ayam petelur keburu mati. Sanitasi kandang diduga menjadi salah satu penyebab kematian ayam. Berdasarkan pengalaman itu, Pemerintah Desa Sanding berencana membuat kandang komunal.

Perbekel Desa Sanding, Kompyang Ambarayusa menjelaskan, program bantuan ayam petelur jenis ayam kampung unggul Balitbangtran belum maksimal karena warga penerima bantuan belum paham cara beternak ayam yang benar. Di antaranya kesehatan kandang belum terjaga. “Ada juga kendala di pakan ayam,” ungkap Ambarayusa, Senin (9/1). Pemerintah Desa Sanding berupaya agar program ini berhasil. Rencana ke depan membuat kandang komunal satu lokasi untuk memudahkan dalam pemeliharaan dan pengawasan. “Rencananya tahun 2023 ini kami kerjakan,” jelas Ambarayusa.

Ambarayusa menjelaskan, Program Ketahanan Pangan dan Hewani bertujuan menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat Desa Sanding yang terdampak pandemi Covid-19. Mempercepat tercapainya desa tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, dan pertumbuhan ekonomi merata. Sasaran program adalah rumah tangga kurang mampu dan yang kehilangan pekerjaan. “Program ini kami harapkan menjadi branding Desa Sanding sebagai penghasil telur ayam kampung. Kami terus carikan solusi dari kendala di lapangan agar program ini berhasil,” jelas Ambarayusa. *nvi

Komentar