nusabali

Dinas Pariwisata Klungkung Siapkan Pengamanan Standar Pariwisata

Cegah Kecelakaan di Pantai Diamond dan Pantai Kelingking

  • www.nusabali.com-dinas-pariwisata-klungkung-siapkan-pengamanan-standar-pariwisata

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Pariwisata Klungkung akan menyiapkan pengamanan di Pantai Diamond, Desa Pejukutan dan Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Pengamanan ini untuk mencegah terjadinya korban kecelakaan di pantai. Sebelumnya, dalam kurun waktu dua Minggu terjadi kecelakaan di Pantai Kelingking dan Pantai Diamond. Kecelakaan itu menyebabkan satu korban tewas, dua korban hilang, dan dua lainnya mengalami keseleo.

Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, mengatakan pengamanan di Pantai Diamond dan Pantai Kelingking sesuai standar pengelolaan pariwisata. “Kami kaji dulu,” ujar pejabat yang baru dilantik per 6 Januari 2023 ini, saat dihubungi via telepon, Jumat (6/1). Seperti diketahui, Pantai Diamond dan Pantai Kelingking dinilai sangat berbahaya untuk aktivitas berenang. Dua pantai itu berombak cukup besar dengan garis pesisir pantai yang sempit dan langsung berhadapan dengan tebing.

Menghindari terjadinya korban jiwa akibat terseret arus, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sudah menutup kedua pantai ini untuk berenang, untuk berwisata tetap dibuka sejak September 2019. Namun, para wisatawan masih tetap nekat berenang. Sebelumnya, dalam kurun 2 Minggu terakhir ini terjadi 4 kecelakaan di Pantai Diamond dan Pantai Kelingking. Pada Selasa, (3/1) siang, tiga wisatawan mancanegara terseret ombak Pantai Diamond, 2 hilang dan 1 selamat. Kedua wisatawan terseret ombak yakni Yury Chernyavskiy, 36, asal German, dan Matthias Mittringer, 42, asal Austria. Hingga Jumat (6/1) sore keberadaan korban belum ditemukan. Sedangkan, Daniel Hrdliczka, 37, asal Austria berhasil selamat.

Kecelakaan lainnya dialami wisatawan asal Malaysia, Niliasih A/J Jeganathan, 24. Korban tewas tenggelam saat berenang di Pantai Diamond, Selasa (27/12). Wisatawan asal Amerika, Matthwe Jhon, 31, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Senin (26/12) siang. Akibatnya korban mengalami keseleo pada bahu kiri dan langsung dilarikan ke Klinik Nusa Medical, Nusa Penida. Wisatawan asal Cina, Chiu Way Vivian, 26, terkilir di Pantai Diamond, Rabu (14/12) siang. Akibatnya korban tidak bisa menaiki tangga sehingga harus dievakuasi dengan tandu oleh Tim SAR, Polri, dan TNI. Hasil pemeriksaan tim medis, korban mengalami keseleo pada kaki. *wan

Komentar