nusabali

Partai Gelora Bali Beri Kesempatan Anak Muda Berpolitik

  • www.nusabali.com-partai-gelora-bali-beri-kesempatan-anak-muda-berpolitik

DENPASAR, NusaBali.com - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia resmi ditetapkan sebagai salah satu partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Mendapatkan nomor urut 7, parpol yang mengusung gagasan Arah Baru Indonesia besutan Ketua Umum Anis Matta ini terus menggencarkan kesiapannya di berbagai daerah.

Termasuk di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Provinsi Bali yang terus merapatkan barisan dengan bersiap menggandeng anak-anak muda potensial untuk bergabung dan mewarnai blantika perpolitikan Pulau Dewata.

"Semangat dari anak-anak muda ini perlu diakomodir dengan memberi kesempatan mereka untuk tampil, kehadirannya di dunia politik tidak hanya bertujuan untuk menjaga regenerasi kepemimpinan, tetapi juga terlibat secara langsung menyelesaikan persoalan anak muda terkini," ungkap Ketua DPW Partai Gelora Bali, H Mudjiono di Sekretariat DPW Partai Gelora Bali, Jalan Palapa, Sesetan, Denpasar Selatan, Jumat (16/12/2022).

Menurutnya keterlibatan anak muda dalam panggung politik sejauh ini sangatlah minim baik itu ditingkat pusat maupun daerah. Hal itu tercermin dari mayoritas kursi legislatif yang dikuasai oleh dewan-dewan yang sudah berusia tua.

"Itu yang kami amat sayangkan, bahkan di beberapa parpol lain kursi legislatifnya ada yang 4-5 periode terus dikuasai oleh orang-orang lama. Kalau begini terus maka tidak ada peluang bagi anak muda memperjuangkan gagasan dan program terbaiknya bagi Bali ataupun Indonesia," ujar Mudjiono.

Lebih lanjut dia pun berjanji komposisi bakal calon legislatif di Partai Gelora Bali nantinya akan lebih banyak diisi oleh wajah-wajah segar yang akan memberikan terobosan positif bagi persoalan-persoalan anak muda.

"Maka Gelora akan memberi andil dalam politik Bali dengan keterlibatan anak muda untuk mengatasi persoalan terkini yang kerap tersaji, seperti minimnya lapangan pekerjaan. Hal ini dapat diselesaikan ketika ada terobosan politik yang diperjuangkan oleh anak muda. Kalau kita berharap terus sama generasi tua tidak mungkin ini," katanya.

Oleh sebab itu Mudjiono menegaskan janganlah lagi memandang politik itu ongkosnya mahal, menghalalkan segala cara dan menakutkan, tetapi cara pandangnya perlu diubah.

"Bagi anak muda, lihatlah politik itu sebagai pintu yang luar biasa untuk memberikan kebaikan bagi semua orang," jelas anggota DPRD Kota Denpasar periode 2004-2009 dan 2009-2014 ini.

Selain itu untuk target raihan kursi partainya di Bali, Mudjiono mengatakan belum memetakan dapil-dapil mana yang menjadi target utamanya. Tetapi pihaknya optimis secara keseluruhan Gelora Bali akan mampu menyumbangkan suara dalam rangka memperoleh target ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar empat persen suara nasional.

"Karena secara struktur kami kuat, dengan kepengurusan yang hadir di seluruh Kabupaten/Kota serta 57 Kecamatan di Bali," pungkas Mudjiono yang berencana akan maju menjadi Caleg DPR RI ini. *aps

Komentar