nusabali

Pantai Pandawa Sediakan Fasilitas Penyewaan Sepeda dan Sepeda Listrik

  • www.nusabali.com-pantai-pandawa-sediakan-fasilitas-penyewaan-sepeda-dan-sepeda-listrik

MANGUPURA, NusaBali.com – Fasilitas penyewaan sepeda dan sepeda listrik di kawasan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, mengundang minat para wisatawan.

Pengunjung yang awalnya hanya bisa berkeliling kawasan pantai dengan berjalan kaki tak sedikit yang menyewa sepeda baik itu sepeda listrik ataupun sepeda manual untuk berkeliling Pantai Pandawa.

Stand penyewaan sepeda berada dekat dengan lokasi pintu masuk Pantai Pandawa tepatnya pada parkiran kendaraan. Bagi wisatawan yang ingin menyewa sepeda bisa langsung datang ke stand yang telah berisikan spanduk bertuliskan ‘Transport Service (Pelayanan Jasa Transportasi)’.

Pada tenda penyewaan berisi sepeda listrik, sepeda manual double dan single, sepeda manual anak-anak, dan fasilitas kendaraan anak-anak lainnya.

Penjaga stand sepeda, Deva Yudayana mengatakan sepeda bisa disewa dengan biaya yang bervariasi tergantung jenisnya.

“Di sini kita ada 6 sepeda listrik, ada 6 mobil jeep listrik untuk anak-anak, 4 jenis go car, 5 scooter manual, 2 scooter elektrik, 4 sepeda manual double, dan belasan sepeda listrik,” ujar Penjaga stand sepeda, Deva Yudayana saat ditemui di Transport Service, Pantai Pandawa, Jumat (30/12/2022) sore.

Harganya pun dibanderol masih cocok dengan kantong wisatawan lokal. Harga sewa untuk mobil listrik Rp 30.000 per 15 menit, go car Rp 35.000 per 25 menit, scooter Rp 25.000 per 15 enit, sepeda manual single Rp 25.000 per 30 menit, dan sepeda manual double Rp 35.000 per 30 menit. 

Penyewa bisa mengelilingi kawasan Pantai Pandawa dengan jarak tempuh sampai 4 kilometer. Namun khusus aak-anak hanya di sekitar halaman parkir kendaraan saja. 

“Ini kan rata-rata waktu penyewaan itu 15 menit. Kalau mereka lebih sedikit dari waktu tersebut tidak kenapa,” ujarnya.

Penyewaan jasa sepeda di Pantai Pandawa,  sudah ada sejak akhir tahun 2021. Saat ini antusias pengunjung pun mulai meningkat bahkan sampai di angka 100 persen.

“Kami pernah tutup akibat ada PPKM bahkan saat baru buka itu hanya 1 atau 3 unit saja yang keluar. Tetapi saat ini sudah ada peningkatan tetapi kalau antusias tergantung tamu. Kalau di sini ada event bisa sekitar 60 unit yang keluar dan kalau hari libur bisa 40 unit lebih. Kalau hari biasa kadang 30 unit kurang yang keluar. Ini biasanya yang nyewa kebanyakan anak-anak,” jelasnya.

Salah satu pengunjung anak Banyuwangi, Jawa Timur, Retno Tri (22) menjelaskan jika ini pertama kalinya pergi liburan ke Bali dan baru pertama kali juga dirinya menemukan jasa sewa sepeda di tempat pariwisata terutamanya di pantai. 

“Saya nyewa sepeda yang double tadi biar bisa berdua sepedaannya. Seru ya bisa keliling pantai pakai sepeda jadi tidak terlalu capek,” ujar Retno Tri.

Sependapat dengan Retno, temannya Jihan (22) pun mengatakan yang sama. Biasanya ia pergi ke pantai hanya sekadar duduk di tepi pantai sambil makan cemilan saja. Tetapi, saat liburan di Pantai Pandawa kini ia bisa healing sambil olahraga.

“Lumayan sambil olahraga ya, adem liat sekitar jadi tidak terasa juga waktu itu cepat berlalu jadi kita tambah lagi 30 menit biar puas,” pungkas Jihan.

Mendengar pendapat dari para pengunjung, penjaga stand sepeda, Deva Yudayana pun turut berbahagia. Ia berharap semakin banyak pengunjung setiap harinya yang ingin menggunakan jasa sewa sepeda di Pantai Pandawa.

“Semoga semakin ramai lagi pengunjung datang ke sini untuk menyewa sepeda supaya kami dari pengelola juga nanti bisa tambah unit,” paparnya sembari tersenyum. *ris 

Komentar