nusabali

Peresmian Gedung RSU Bangli, Arus Lalu Lintas Dialihkan

  • www.nusabali.com-peresmian-gedung-rsu-bangli-arus-lalu-lintas-dialihkan

BANGLI, NusaBali
Gedung 1A dan 1B RSU Bangli akan diresmikan, Jumat (30/12) besok. Acara ini akan dihadiri ratusan undangan mulai dari kementerian hingga bendesa adat.

Demi kelancaran acara, arus lalu lintas selama akan dialihkan ke jalan alternatif. Direktur RSU Bangli dr I Dewa Gede Oka Darsana SpAn mengatakan peresmian Gedung 1A dan 1B RSU Bangli akan dihadiri Wamenkes RI, Gubernur Bali, Bupati Gianyar, Kapolda Bali, Kadiskes Provinsi Bali, Kadis Kesehatan se-Bali, Direktur Rumah Sakit seluruh Bali, Direktur RS Swasta yang terkoneksi dengan RSU Bangli, DPRD Bangli, Forkopimda Bangli, kepala OPD, hingga bendesa se-Bangli.

Acara peresmian ini berskala nasional, maka akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. "Kami telah berkoordinasi dengan Polres Bangli, Dinas Perhubungan, dan Pecalang Banjar Kawan, Bangli agar nanti  aktifitas warga yang ada di sekitar RSU Bangli tidak terganggu," ungkapnya Rabu (28/12).

Sebelum acara peresmian, jelas Oka Darsana, terlebih dahulu dilaksanakan upacara pamlaspas. Peresmian yang dilaksanakan ini sebagai penadan pembangunan telah rampung dan siap dimanfaatkan.  Direktur asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini menyampaikan dua gedung baru ini mulai efektif pada pertengahan Januari 2023.

Kata Oka Darsana, ada beberapa item alat kedokteran yang memerlukan tim khusus untuk perpindahannya, seperti radiologi. Pemindahan alat ini diagendakan sampai pertengahan Januari. "Pada pekan ketiga sudah bisa mulai efektif pelayanannya," sebutnya.

Beberapa fasilitas atau layanan yang tersedia di gedung baru yakni pelayanan di intensive care untuk jantung (ICCU). Selain itu, di layanan ini juga sudah tersedia layanan PICU, yang merupakan pelayanan pediatri.

Pelayanan cuci darah atau hemodialisa dari yang awalnya 16 unit bed, kini di gedung baru ditambah 18 unit. Kemudian penambahan kamar operasi.

"Awalnya kami hanya memiliki empat kamar operasi yang konvensional, kini RSU Bangli telah memiliki enam kamar operasi dengan spesifikasi terbaik yang ada. Dan tahun depan astungkara kami sudah bisa melayani operasi bedah saraf dan layanan onkologi," jelasnya.

Terkait alat CT Scan yang sebelumnya rusak, jelas dia, di gedung baru ini telah memiliki alat CT Scan baru. "Penyediaan fasilitas CT Scan kami melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Untuk di gedung baru, kami telah menyiapkan CT Scan yang baru juga," sambungnya.

Kabag Ops Polres Bangli Kompol I Ketut Maret mengungkapkan, pengalihan arus lalu lintas di jalur Brigjen I Gusti Ngurah Rai dimulai pukul 08.00 Wita hingga acara usai. Jalur utama Kota Bangli itu dimanfaatkan untuk undangan yang diprioritaskan.

"Penutupan jalur dimulai dari patung Adipura. Pengguna jalan dari arah selatan maupun sebaliknya, akan diarahkan lewat jalan merdeka yang akan dibuka untuk dua jalur," ungkapnya. Ditambahkan pula, pengamanan jalur ini nantinya melibatkan 100 personel termasuk Dishub Bangli. *esa

Komentar