nusabali

RSUD Sanjiwani Segera Serahkan Bayi Telantar ke Dinas Sosial

  • www.nusabali.com-rsud-sanjiwani-segera-serahkan-bayi-telantar-ke-dinas-sosial

GIANYAR, NusaBali
Setelah beberapa hari mendapatkan perawatan di RSUD Sanjiwani, kondisi bayi yang dibuang di semak-semak utara Pura Crancang Kawat, Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar semakin membaik.

Bayi mungil jenis kelamin perempuan ini akan diserahkan ke Dinas Sosial Gianyar. Kabid Umum, Humas, Kepegawaian, Hukum, dan SIMRS RSUD Sanjiwani Gianyar I Dewa Ayu Yuni Betharani menjelaskan, bayi telantar ini tidak lagi memakai alat bantu pernapasan.

Polres Gianyar belum berhasil mengungkap pelaku pembuang bayi perempuan itu. Maka RSU Sanjiwani akan menyerahkan bayi telantar ini ke Dinas Sosial Gianyar. “Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, besok (Kamis) diperbolehkan pulang,” jelas Dewa Ayu Yuni, Rabu (28/12). Selama dirawat di RSU Sanjiwani, bayi ini mendapat perawatan maksimal.

Sebelumnya warga Gianyar dihebohkan dengan penemuan bayi di sebelah utara Pura Crancang Kawat, Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (21/12) sekitar pukul 09.00 Wita. Bayi ini diletakkan di areal tanah kavlingan yang dipenuhi semak-semak. Bayi malang itu pertama kali ditemukan oleh saksi Ni Wayan Mangkin, 50, asal Tampaksiring yang baru pulang dari berjualan di Pasar Umum Sukawati. Saat itu saksi berhenti di pinggir jalan dan berencana buang air kecil.

Saat itulah saksi mendengar suara tangis bayi. Bayi itu diletakkan begitu saja di semak-semak tanpa sehelai kain. Beruntung bayi berjenis kelamin perempuan itu dalam kondisi selamat. Warga yang menemukan bayi tersebut kemudian membawanya ke Puskesmas Sukawati I untuk mendapatkan penanganan. *nvi

Komentar