nusabali

Bali Siap Rebut Lima Emas di Malaysia

Terjunkan 6 Perenang, Bertumpu Pada Hasan, Yajanana dan Rena

  • www.nusabali.com-bali-siap-rebut-lima-emas-di-malaysia

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali siap menyumbangkan 3-5 medali emas untuk kontingen Indonesia pada kejuaraan renang Asia Tenggara bertajuk 44th SEA Age Group Swimming Championship 2022, di National Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, 17-19 Desember 2022.

Dari 38 perenang Indonesia, Bali mengirimkan enam perenang. Sedangkan 3-5 emas diharapkkan PRSI Bali dapat disumbangkan atlet andalannya Hasan Musthapa Pronosumarto, I Nyoman Gede Yajanana Swaha, dan Ni Kadek Rena Kartika.

"Saya yakin tiga atlet andalan Bali mampu merealisasikan target 3-5 medali emas. Sebab, satu perenang berpotensi meraih sampai dua emas," kata Ketum Pengprov PRSI Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, Kamis (15/12).

Ketiga atlet andalan Bali itu masuk grade A yang memang diproyeksikan meraih medali emas. Sedangkan tiga perenang lainnya masuk grade B, yakni Lily Kartika Beales, Alegria Linette Sruy, dan Desak Nyoman Shiva Pradnyaswari Dewi.

Agung Ardhana mengatakan, keenam atlet renang Pulau Dewata itu didampingi dua pelatih asal Bali, yakni Gede Meiga Wira Pradtama, dan I Wayan Erch Hermawadi Tunas.

"Mereka dikirim ini karena catatan waktu sesuai data base yang ada di PB PRSI mendekati dengan standar yang telah ditetapkan, karena ini masuk hitungan cabor terukur," kata Agung Ardhana, yang juga Ketua Komisi III DPRD Bali.

Agung Ardhana berharap, atlet yang mewakili Indonesia itu mampu memberikan prestasi maksimal untuk tim merah putih di ajang internasional. Menurutnya, selama ini PRSI Bali juga memberikan suport terutama biaya keberangkatan dari Bali ke Jakarta, sebelum akhirnya bertolak ke Malaysia.

Menurut Agung Ardhana, dari pengalaman kejuaraan tahun sebelumnya, atlet renang Bali juga langganan menyumbangkan medali emas. Dia pun berharap prestasi maksimal itu dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi untuk tim kebanggaan merah putih.

Sementara itu kejuaraan renang se Asia Tenggara itu mempertandingkan tiga kelompok umur yaitu kelompok 1 dengan rentang usia 16-18 tahun, kelompok 2 (14 dan 15 tahun), dan kelompok 3 di bawah 13 tahun.

"Ajang itu untuk membina atlet renang usia muda, apalagi renang masuk sebagai cabor olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang memiliki sasaran utama Olimpiade,” kata Agung Ardhana, anggota DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kota Denpasar. *dek

Komentar