nusabali

46 Balita di Belok Sidan Terima Bantuan PMT

  • www.nusabali.com-46-balita-di-belok-sidan-terima-bantuan-pmt

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 46 balita di Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, secara simbolis menerima bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari TP PKK Kabupaten Badung, Rabu (14/12).

Bantuan ini guna mencegah terjadinya stunting atau kondisi gizi kronis pada anak yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama.

Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta mengatakan PMT merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi dan balita. Sekaligus, lanjutnya, dalam upaya mencegah stunting dengan memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya.

“Program ini diadakan guna mencegah stunting, yakni gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang, sehingga mengakibatkan penghambatan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun,” ujar Seniasih Giri Prasta.

Lebih lanjut dikatakan, PMT sangat penting dipahami oleh kader posyandu dan ibu balita. Kader posyandu diharapkan memberikan penyuluhan kepada ibu balita yang mengantarkan balitanya ke posyandu. Tidak kalah pentingnya, menurut Seniasih Giri Prasta adalah pemahaman mengenai menu seimbang balita. “Makanan yang diberikan setiap hari kepada balit hendaknya memenuhi prinsip menu seimbang balita. Contoh PMT yang mudah dibuat adalah perkedel, bahannya terdiri dari daging ayam giling, telur, roti tawar, susu UHT, tepung maizena, tepung terigu dan bumbu, yang diperkaya dengan sayuran, wortel, daun pre,” jelasnya.

“Membuatnya juga tidak terlalu sulit, bahannya juga mudah didapat, alatnya sudah dimiliki di rumah, dan prosedur pembuatannya mudah dilakukan,” imbuh Seniasih Giri Prasta sembari berharap melalui program ini diharapkan dapat mencegah terjadinya stunting atau kondisi gizi kronis pada anak. *asa

Komentar