nusabali

Bawa Ilmu Lama, Iwan Setiawan Moncerkan Muaythai Klungkung

  • www.nusabali.com-bawa-ilmu-lama-iwan-setiawan-moncerkan-muaythai-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Prestasi moncer atlet Muaythai Klungkung tidak lepas dari peran Ade Iwan Setiawan.

Mantan pelatih taekwondo itu memilih memadukan ilmu beladiri taekwondo dan ilmu murni muaythai dalam Porprov Bali XV/2022.


"Saya sebenarnya melepas taekwondo dan berjaya di muaythai, tapi ilmu beladiri taekwondo itu sangat berpengaruh dan langsung cepat mengembangkan muaythai Klungkung," kata pelatih kepala Muaythai Klungkung, Ade Iwan Setiawan, Minggu (11/12).

Menurut Iwan Setiawan, hal yang dilakukan hingga membawa Klungkung juara umum cabor Muaythai Porprov, yakni menggabungkan dua unsur beladiri, taekwondo dan muaythai.

"Pola yang didapat dari mantan Ketum TI Bali, Anak Agung Lanang Agung Ananda itu saya terapkan juga di muaythai, alhasil prestasi seperti ini," kata Iwan Setiawan, yang juga mantan petinggi taekwondo Bali itu.

Iwan Setiawan menambahkan, prestasi yang dicapai juga tidak lepas dari proses pembinaan hampir dua tahun . Fokus mulai dari mengembangkan dan membina atlet muaythai hingga mendapatkan hasil yang sangat maksimal di Porprov Bali. "Sebelum Porprov sudah saya sampaikan ke KONI Klungkung, prediksi dapat 5-6 emas dengan harapan juara umum, akhirnya alam semesta menerima doa kita," tutur Iwan Setiawan.

Menututnya, pencapaian prestasi dalam konteks membina, semua itu tergantung bagaimana mengemasnya. Iwan Setiawan juga menilai sukses di tim dan sekaligus pelaksanaan. Dirinya mendapat kepercayaan KONI Gianyar ikut mensukseskan Porprov cabor Muaythai di Balai Budaya Gianyar.

"Dulu waktu masih di taekwondo saya terbiasa jadi panitia penyelenggara, kejuaraan muaythai di Klungkung juga sukses sebelum Porprov, makanya ilmu lama itu saya tularkan di Porprov Bali," kata Iwan Setiawan.

Sementara itu Muaythai Klungkung memberikan kejutan dengan menjadi juara umum pada Porprov Bali XV/2022 . Tim Klungkung meraih 6 emas, 3 perak, dan 2 perunggu dari total 17 emas yang diperebutkan.

Dengan pencapaian itu, Muaythai Klungkung jadi satu-satunya Cabor anggota KONI Klungkung yang mencetak sejarah sebagai juara umum atau peraih medali emas terbanyak. *dek

Komentar