nusabali

Pesta Rakyat Simpedes 2022, Edukasi bagi Pertumbuhan Bisnis UMKM Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-pesta-rakyat-simpedes-2022-edukasi-bagi-pertumbuhan-bisnis-umkm-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Pertumbuhan UMKM diharapkan menjadi salah satu harapan pada penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Denpasar, 9-11 Desember 2022.

Gelaran acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Pantai Mertasari ini merupakan komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat melalui pemberdayaan terhadap UMKM dan memberikan layanan edukasi keuangan digital yang utuh agar masyarakat khususnya para pelaku UMKM semakin ‘Pede Memimpin Perubahan’ akan adanya pertumbuhan bisnis dan transaksi keuangan digital di era perkembangan digitalisasi ini. 

 “Penyelenggaraan kesebelas PRS di Denpasar ini menunjukkan kepedulian BRI terhadap UMKM, selain bantuan modal yang sudah kami berikan. BRI melakukan pembinaan kepada para UMKM untuk naik kelas melalui pelatihan-pelatihan yang selama ini dilakukan di Rumah BUMN. Acara ini juga tentunya kami berikan bagi UMKM yang hadir berupa kelas UMKM dan workshop agar para UMKM ini semakin Pede Berbisnis,”ujar Regional Micro Banking Head Regional Office BRI Denpasar, Arif Hartoyo.

Pada tiga hari penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes BRI di Kota Denpasar ini menghadirkan Kelas UMKM dan Workshop bersama para business coach handal guna memberikan berbagai edukasi dan sosialisasi kepada para pelaku UMKM binaan BRI seputar dunia bisnis khususnya terkait dengan Digital Transformation, Packaging & Digital Catalogue, hingga Business Owner Mentality. 

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar para pelaku UMKM dapat semakin pede dalam mengembangkan bisnisnya di tengah banyaknya pertumbuhan dan persaingan usaha di Indonesia,” kata Arif Hartoyo. 

Untuk memasuki area Pesta Rakyat Simpedes (PRS), para pengunjung diwajibkan melakukan scan pada aplikasi PeduliLindungi dan dapat melakukan scan QRIS hanya sebesar Rp 1 melalui aplikasi BRImo. Namun, bagi pengunjung yang belum memiliki aplikasi BRImo, dapat mengunduh aplikasi dan menuju area registrasi agar dapat dibantu dalam melakukan registrasi aplikasi BRImo. 

“Penerapan aplikasi BRImo ini dilakukan guna memberikan edukasi literasi digital dan kemudahan kepada seluruh pengunjung dalam melakukan transaksi digital tanpa menggunakan uang fisik pada seluruh area Pesta Rakyat Simpedes 2022,” kata Arif Hartoyo. 

Pesta Rakyat Simpedes 2022 hari pertama diawali dengan berbagai macam kegiatan pada Kelas UMKM, e-sport competition, kegiatan permainan di mini stage seperti Tiktok Challenge, Karaoke Challenge, cosplay competition yang diikuti oleh komunitas di Denpasar, dan stand up comedy lokal oleh Ida Bagus Anggara. 

Ada juga program menara keberuntungan dengan tujuan undian hadiah kepada para pengunjung dan Pojok X’sis sebagai arena permainan. Kegiatan ini dapat diikuti oleh semua pengunjung dan menjadi tempat bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Pesta Rakyat Simpedes 2022 juga menghadirkan pemeriksaan kesehatan gratis yang merupakan bagian dari corporate social responsibility seperti cek tekanan darah, cek gula darah, dan asam urat dan yang lainnya. 

Tersedia juga donor darah bagi pengunjung yang ingin berbagi sesama dengan mendonorkan darahnya untuk kesehatan serta potong rambut gratis. 

Kegiatan hari pertama diakhiri oleh penampilan band lokal Sound of Mirror dan Lolot, serta penampilan artis nasional yang terkenal dengan lagu hitsnya ‘Melawan Restu’, Mahalini. Selanjutnya pada hari kedua dimeriahkan oleh band lokal Joni Agung & Double T dan band nasional Slank dan Letto. Sedangkan di hari terakhir, Minggu (11/12/2022) akan menampilkan band nasional Kotak. 

Komentar