nusabali

Dani Alves Ditugasi Jadi Mentor Neymar

  • www.nusabali.com-dani-alves-ditugasi-jadi-mentor-neymar

DOHA, NusaBali
Pelatih Brasil Tite membuat banyak orang terkejut saat mengumumkan skuadnya untuk Piala Dunia 2022.

Ya, kejutan Tite itu adalah memanggil Dani Alves untuk terbang ke Qatar sebagai pemain. Alves mendapat tugas khusus untuk menjadi ‘mentor’ Neymar dan para pemain muda Brasil.

Ya, Alves saat ini berusia 39 tahun dan terakhir kali bermain di klub Meksiko, Pumas de la UNAM. Dia juga terakhir kali bermain pada September 2022.  Mengapa Tite memasukannya ke daftar 26 pemain Brasil ke Qatar? Apalagi Dani Alves tidak masuk skuad Brasil untuk Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, Alves cedera ACL. Posisi bek kanan ditempati pemain klub Brasil, Corintians, Fagner. Selain Fagner, ada mantan pemain Manchester City yang kini di Juventus, Danilo, di posisi bek kanan.

Ketidakhadiran Alves sebenarnya tidak masalah karena Brasil memiliki stok pemain berlimpah meski akhirnya kalah 1-2 dari Belgia di perempatfinal. Namun ada masalah lain yang muncul dengan absennya Alves untuk skuad Brasil di Rusia saat itu.

Dampaknya sangat nyata kepada Neymar yang terlihat frustrasi. Neymar terlihat lebih sering marah dan kerap melakukan aksi diving serta sering memprotes wasit daripada menunjukan kemampuannya, yang tentu saja sangat mengganggu Brasil.

Tite dan staf pelatih Brasil sangat menyadari Neymar harus disiplin sehingga dapat berkonsentrasi merebut trofi Piala Dunia 2022. Alasan ini yang membuat Tite memutuskan memanggil Alves ke dalam skuad untuk dibawa ke Qatar.

Tugas Alves sebagai panutan untuk skuad Brasil yang mayoritas dihuni pemain muda. Alves dan Thiago Silva adalah pemain yang menjadi panutan para pemain Brasil, termasuk Neymar.

TIite ingin skuad Brasil bersatu dengan satu tujuan yang sama yakni menjadi juara Piala Dunia 2022. Dia akan berharap Alves menjadi mentor Neymar, yang tugasnya mengasuh dan memberi nasihat. Apalagi keduanya pernah bermain untuk tiga klub yang sama yakni Santos, Barcelona, dan PSG.

Meski demikian, peluang Alves bermain di Piala Dunia 2022 akan sangat kecil. Di posisi itu ada nama Danilo dan bek Real Madrid Eder Militao, yang juga menjadi bek kanan. Timnas Brasil yang dikomandoi Tite memilih berlatih di markas Juventus, Continassa sebelum mengikuti turnamen Piala Dunia 2022 Qatar. *

Komentar