nusabali

'Torpedo' Ditemukan di Sanggalangit

  • www.nusabali.com-torpedo-ditemukan-di-sanggalangit

Sebuah benda asing menyerupai terpedo, ditemukan oleh seorang warga Banjar Dinas Tukad Pule, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Senin (8/5).

SINGARAJA, NusaBali
Benda asing tersebut ditemukan sekitar pukul 11.00 Wita saat sejumah pekerja sedang melakukan penataan sebuah tambah udang di lokasi kejadian.  Benda asing yang sudah berkarat seukuran tabung gas 12 kilogram itu masih disterilisasi sambil menunggu tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Polda Bali.

Menurut Perbekel Desa Sanggalangit, I Nyoman Dana yang dihubungi via telepon mengatakan bahwa temuan benda yang diduga terpedo itu pertamakali ditemukan oleh Komang Sucita, pekerja tambak udang PT Samudra Sejahtera. Saat itu ia dengan sejumlah pekerja lain sedang melakukan penggalian tanah menggunakan eskavator.

“Nah dalam penggalian tersebut mereka menemukan sebuah benda dari besi yang sudah berkarat, setelah dibersihkan bentuknya menyerupai torpedo, kemungkinan itu adalah peninggalan pasukan era penjajahan Belanda,” ungkapnya.

Hal tersebut pun dikuatkan olehnya dengan keberadaan bangkai kapal barang di pesisir Sanggalangit yang pernah ditemukan  di sana. Hanya saja pihaknya belum berani memastikan, karena pekerja tambak sebelumnya sempat berusaha mengangkat dan mengevakuasinya namun tidak berhasil karena saking beratnya.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Buleleng, AKP I Nyoman Suartika yang dikonfirmasi terpisah, belum dapat memastikan apakah temuan tersebut memang terpedo atau tidak. Meski demikian ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan sentuhan kepada benda asing tersebut, karena dikhawatirkan adalah bahan peledak yang masih aktif.

“ Kami masih menunggu tim dari Jihandak  Polda Bali untuk proses evakuasinya. Kami juga belum dapat memastikan apakah itu memang terpedo atau tidak,” kata dia. *k23

Komentar