nusabali

Titik Api Hutan Bukit Batu Kursi Akhirnya Padam

  • www.nusabali.com-titik-api-hutan-bukit-batu-kursi-akhirnya-padam

SINGARAJA, NusaBali - Satu titik api yang masih menyala pasca kebakaran di kawasan hutan Bukit Batu Kursi di Banjar Dinas Pala Sari, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, akhirnya padam.

Api tersebut padam dengan sendirinya setelah tiga hari. BPBD Buleleng pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat beraktivitas di kawasan hutan agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan titik api terakhir kebakaran hutan di Desa Pemuteran telah padam pada, Jumat (14/7). Petugas telah memantau kawasan tersebut dari Pura Bukit Batu Kursi. "Dari pura sudah tidak kelihatan titik api. Tadi saya konfirmasi petugas sekitar pukul 13.00 Wita, sudah padam," ujarnya, dikonfirmasi di Buleleng.

Pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan menyikapi kejadian kebakaran hutan yang terjadi tersebut. Dalam konteks pencegahan, kerja sama dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan sejak dini. Termasuk dari relawan pemadam kebakaran Masyarakat Peduli Api (MPA) dapat melakukan pembasahan lahan untuk mencegah munculnya titik panas atau hotspot. 

"Sebagai upaya pencegahan, kami juga akan kumpulkan relawan Masyarakat Peduli Api untuk memberikan sosialisasi dan arahan supaya saat beraktivitas ke hutan lebih berhati-hati agar tidak ada kelalaian yang menyebabkan kebakaran. Karena banyak masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dan beraktivitas di hutan, seperti mencari pakan ternak ataupun madu," jelasnya.

Ariadi menjelaskan, relawan Masyarakat Peduli Api telah dibentuk di desa-desa yang menjadi wilayah penyangga hutan, khususnya di Kecamatan Gerokgak. Masing-masing desa tersebut setidaknya memiliki 30 anggota yang siap membantu petugas BPBd maupun Damkar dalam sosialisasi hingga penanganan jika terjadi kebakaran.

"Relawan ini dibentuk di desa-desa yang berbatasan dengan hutan. Mereka kami ajak dalam penanganan dan penyekatan titik api jika terjadi kebakaran, serta edukasi. Mereka jugasudah diberikan pelatihan pemadaman kebakaran," tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, 25 hektare kawasan hutan Bukit Batu Kursi di Desa Pemutaran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng terbakar pada Selasa, (11/7) sekitar pukul 17.00 Wita. Lokasi kebakaran tak jauh dari Pura Bukit Kursi yang berada di puncak ketinggian. Beruntung, api tidak sampai merembet ke area pura. Kerugian yang ditimbulkan akibat dari kebakaran dilaporkan nihil. 7 mzk

Komentar