nusabali

Basarnas Gelar Latihan Helideck

Demi Menyukseskan Perhelatan KTT G20

  • www.nusabali.com-basarnas-gelar-latihan-helideck

MANGUPURA, NusaBali
Kurang dari sepekan perhelatan KTT G20, berbagai instansi menyiapkan diri untuk menyukseskan acara itu, termasuk Basarnas.

Dalam mempersiapkan diri, Basarnas menggelar latihan Helideck di atas kapal KN SAR Wisnu pada Rabu (9/11) pagi. Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, mengatakan KTT G20 sudah semakin dekat, sehingga berbagai persiapan terus dimatangkan untuk menyukseskan gelaran internasional tersebut. Salah satunya melakukan latihan Helideck. Dalam latihan kemarin Heli Bolcow BO-105 melakukan pergerakan dari Base Ops Lanud Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 08.20 Wita menuju KN SAR Wisnu. “Dalam latihan itu, melihat heli yang bergerak dari Bandara Ngurah Rai dan akhirnya dapat landing dengan mulus tanpa ada kendala sekitar pukul 08.30 Wita di atas KN SAR,” kata Haryono.

Sementara itu Heli AS 365 N3+Dauphin HR-3604 melaksanakan cek spot di Lapangan Renon dan RSUP Prof Ngoerah. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya ketika diperlukan pergerakan serupa, para pilot, dan crew serta personel pendukung sudah menguasai medan serta prosedurnya. “Dengan adanya latihan ini, Basarnas telah siap dalam mendukung kegiatan KTT G20, dengan memaksimalkan pengerahan personel, alut, dan peralatan,” tegas Haryono didampingi Kepala Basarnas Denpasar I Gede Darmada.

Lebih lanjut Haryono merinci kalau dari Kantor Pusat dan Kantor SAR Denpasar mengerahkan 150 personel selama gelaran KTT G20. Para personel ditempatkan di berbagai titik. Kemudian untuk unsur udara kerahkan tiga unit pesawat yaitu dua jenis Dauphin dan satu Bolcow yang saat ini sudah siaga di Bali. Sedangkan untuk alut laut dikerahkan dua unit kapal KN SAR Wisnu dan KN SAR Arjuna, didukung dengan RIB dan juga perahu karet.

“Personel maupun alut Basarnas berada di bawah koordinasi Satgas Evakuasi Kodam IX Udayana, kemudian Dansathashub TNI AU dan juga Satgas Laut dari TNI AL,” jelas Haryono. *dar

Komentar