nusabali

Tinjau Safari Kesehatan, Wawali Arya Wibawa Ikuti Cek Kondisi Mata

  • www.nusabali.com-tinjau-safari-kesehatan-wawali-arya-wibawa-ikuti-cek-kondisi-mata

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali, Rumah Sakit Bakti Rahayu, dan Puskesmas 3 Denpasar Utara kembali menggelar kegiatan safari kesehatan keliling di Banjar Purnama Asri, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, Jumat (4/11).

Kegiatan ini ditinjau Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. Safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HKN dan HUT ke–235 Kota Denpasar. Tidak sekadar meninjau, dalam safari kesehatan tersebut Wawali Arya Wibawa juga menyempatkan diri untuk memeriksakan kesehatan mata. Wawali pun mengimbau agar masyarakat memanfaatkan safari kesehatan tersebut dengan baik, yakni dengan mendatangi dan memeriksakan kesehatan mata.

“Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan safari kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat. Pemkot Denpasar telah memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Wawali Arya Wibawa.

Menurutnya dalam safari kesehatan ini berbagai pelayanan kesehatan diberikan, mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular sampai ada operasi mata katarak langsung di lokasi. Selain pelayanan kesehatan, masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan.

Plt Kadis Kesehatan Kota Denpasar Tri Indarti menyatakan, safari kesehatan kali ini menggandeng The John Fawcett Foundation (JFF) untuk pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis yang melibatkan Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali dan beberapa elemen kesehatan di Kota Denpasar.

Indarti menjelaskan JFF dalam kegiatan ini membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan YPK memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy, dan gangguan tumbuh kembang pada anak.

Selain memberikan pelayanan kesehatan serta operasi katarak gratis, menurut Indarti, pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola makan.

“Untuk operasi mata katarak kami lakukan screening termasuk pemberian kacamata dan pemberian obat-obatan. Jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis di Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) Indonesia,” ucap Indarti.

Salah seorang warga, Ni Nengah Sawi, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar karena telah melaksanakan safari kesehatan ini. “Dengan safari kesehatan ini masyarakat bisa mengecek kesehatannya tanpa harus pergi ke rumah sakit. Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” ucapnya. *mis

Komentar