nusabali

Polda Bali Apresiasi Insan Media Bersifat Mengkritisi dan Membangun

  • www.nusabali.com-polda-bali-apresiasi-insan-media-bersifat-mengkritisi-dan-membangun

Sebagai apresiasi dan sumbangsih insan media dalam mendukung dan mengkritisi kebijakan dan juga berbagai pemberitaan yang berhubungan dengan kepolisian khususnya di jajaran Polda Bali, pada Kamis (4/5) pagi, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose melalui Kabid Humas memberikan penghargaan terhadap insan media.

DENPASAR, NusaBali

Pengharagaan ini diberikan kepada media yang dinilai memiliki peran secara langsung maupun tidak langsung dalam membangun institusi Polri.

Penyelenggaraan penghargaan terhadap insan media ini dilakukan di ruangan Rupadama Polda Bali yang dipimpin oleh Irwasda Polda Bali, Kombes Suryadiana dan didampingi oleh Kabid Humas AKBP Hengky Widjaja dan dihadiri oleh Pimred (Pemimpin Redaksi) baik media cetak maupun elektronik serta wartawan, tak terkecuali Pimred Harian Umum NusaBali, I Ketut Naria yang mendapat peringkat ketiga dalam pemberitaan baik yang menginformasikan dan juga mengkritisi.

Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja menuturkan sebagai bentuk terjalinnya hubungan baik insan media dengan Bidang Humas Polda Bali dalam setiap pemberitaan, pihaknya tentu harus bersinergitas dengan media untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan Polri dan juga informasi pemberitaan lainnya. Untuk itu, kepolisian sepatutnya sudah sejalan dengan media agar semua yang bersifat membangun dan juga menginformasikan hal-hal penting dapat tercapai di tengah masyarakat. Bukan hanya itu, pemberitaan media, baik yang bersifat membangun, mengkritisi serta memberikan informasi terhadap pihak kepolisian juga sudah menjadi perhatian dari jajaran Polda Bali. “Banyak hal yang harus sampai kepada masyarakat, tentunya dengan keberadaan media. Informasi penting yang diperoleh Kepolisian harus sampai kepada semua lapisan masyarakat, tentu saja jalurnya melalui media, di sinilah peran media untuk menyampaikan itu,” jelasnya usai memberikan penghargaan terhadap media.

Dijelaskannya, penghargaan yang diberikan kepada media sesuai pengamatan yang berhasil dihimpun oleh tim khusus dan dinilai sudah memberikan masukan kepada Polri baik itu bersifat positif terkait apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan oleh institusi Polri khususnya Polda Bali, dan juga bersifat masukan dan kritik kepada Polri. “Data tersebut kita himpun dari media mana yang sifatnya membangun, kritik, masukan, informasi dan sebagainya. Jadi, apresiasi ini memang sudah sesuai dengan berbagai penilaian dari Polri,” jelasnya.

Kedepannya, Bidang Humas Polda Bali, masih berupaya mencari formula yang pas, untuk berita yang bisa disampaikan dan dikecualikan dalam artian berita yang A1 alias pasti. Dengan demikian, media dapat mendukung dan berpartisipasi dalam menjaga keamanan Bali kedepannya. “Banyak pemberitaan di medsos yang menyinggung SARA. Nah, Mabes sudah punya polisi khusus di sana untuk menyaring itu. Kalau di sini (Polda Bali), kita akan mencari metode yang tepat agar semuanya sesuai alias memang benar adanya, tanpa direkayasa,” kata perwira melati dua dipundak ini.

Untuk diketahui, Harian Umum NusaBali mendapat peringkat ketiga dalam penghargaan yang diberikan oleh Kapolda Bali terkait pemberitaan terhadap Polda Bali, mulai dari mengkritisi kebijakan hingga peristiwa yang ditangani jajaran kepolisian. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Irwasda Kombes Suryadiana kepada Pimred, I Ketut Naria. * dar

Komentar