nusabali

Sidak, Tim Monev KTR Temukan Puntung Rokok

  • www.nusabali.com-sidak-tim-monev-ktr-temukan-puntung-rokok

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Monitoring dan Evaluasi  Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Klungkung menggelar sidak ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD), klinik, dan tempat umum di Kecamatan Klungkung, Kamis (27/10) pagi.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta, mengatakan menemukan puntung rokok pada salah satu OPD. Setelah dikonfirmasi asal puntung rokok itu, pegawai di OPD yang bersangkutan mengatakan ada tamu yang merokok.

Suarta menegaskan, sebagai tuan rumah wajib hukumnya mengingatkan siapa pun yang datang bertamu agar taat Perda KTR. Selain mengingatkan secara langsung, petugas juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung agar bersurat kepada pimpinan OPD terkait temuan puntung rokok di kantor. Harapannya, pimpinan OPD menindaklanjuti kepada pegawainya agar sama-sama menaati Perda KTR, termasuk mengingatkan jika ada tamu yang merokok.

Saat sidak klinik di Kecamatan Klungkung, belum pasang tanda KTR sehingga petugas meminta pengelola klinik segera memasang tanda KTR. “Tinggal buat desainnya di komputer, print, dan pasang,” pinta Suarta. Petugas juga menemukan masyarakat yang hendak melaksanakan persembahyangan juga kedapatan merokok di wantilan pura. “Kami juga sudah berikan edukasi terkait KTR,” kata Suarta.

Sebelumnya, Tim KTR Kabupaten Klungkung menggelar sidak ke sejumlah sekolah SMA/SMK, Kamis (29/9) pagi. Petugas menemukan puntung rokok, asbak, dan tidak ada larangan merokok di sekolah. Pihak sekolah langsung mendapatkan pembinaan dari Tim Monev KTR. *wan

Komentar