nusabali

Piodalan di Pura Pucak Sangkur, Bupati Sanjaya Doakan Kerahayuan Jagat

  • www.nusabali.com-piodalan-di-pura-pucak-sangkur-bupati-sanjaya-doakan-kerahayuan-jagat

TABANAN, NusaBali
Bertepatan dengan rahina Pagerwesi pada Buda Kliwon Sinta, Bupati I Komang Gede Sanjaya mengajak jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan mengikuti persembahyangan piodalan di Pura Pucak Sangkur, Desa Adat Kembang Merta, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Rabu (26/10) siang.

Momen persembahyangan bersama tersebut dimaksudkan Bupati Sanjaya untuk berdoa dan memohon kerahayuan jagat Tabanan, terutama setelah melalui musibah bencana akibat cuaca buruk pada pekan lalu. Hadir di persembahyangan tersebut, anggota DPRD Tabanan, Sekda, para kepala OPD di Pemkab Tabanan, Camat Baturiti, bendesa adat, dan perbekel setempat.

Piodalan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diempon oleh Desa Adat Antapan dan Kembang Merta dan dilaksanakan oleh pamedek sebanyak 4 kali persembahyangan, yakni di Pura Beji, Pura Dalem Penerang, Pura Ida Bagus Sakti, dan Pura Luhur Pucak Sangkur.

Selain memohon kerahayuan jagat, momen persembahyangan ini juga ditekankan sebagai bentuk komitmen menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan roda pemerintahan. “Mari menyeimbangkan pembangunan secara sekala dan niskala, yakni, tak hanya mengimplementasikan program-program kerja secara nyata tapi juga diimbangi dengan pengabdian dan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Esa,” ujar Bupati Sanjaya.

Bupati Sanjaya meminta seluruh jajaran untuk terus berdoa bagi kebangkitan dan pulihnya Kabupaten Tabanan, tidak hanya karena terimbas oleh pandemi Covid-19 tapi juga karena terdampak oleh bencana banjir dan longsor di beberapa lokasi di Tabanan. “Adanya bencana ini kita jadikan pembelajaran untuk selalu siap dan tanggap serta kesegeraan bangkit untuk kembali membangun,” tegasnya.

Bupati Sanjaya juga berterima kasih atas kebersamaan dan persatuan dari segala lini baik pemerintah dan masyarakat yang telah bekerja keras, berkolaborasi, dan berpartisipasi memperbaiki titik-titik lokasi yang mengalami kerusakan pasca bencana. “Sikap gotong-royong, serta kerja tulus dan serius harus kita junjung tinggi,” kata Bupati Sanjaya. *des

Komentar