nusabali

Pentas Tari Serangkaian Saraswati

  • www.nusabali.com-pentas-tari-serangkaian-saraswati

SEMARAPURA, NusaBali
Siswa jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/SMK di Klungkung menggelar persembahyangan di masing-masing sekolah serangkaian Piodalan Sang Hyang Aji Saraswati sebagai momentum turunnya ilmu pengetahuan,  Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (22/10) pagi.

Seperti tampak di SMPN 1 Semarapura, Klungkung, proses persembahyangan Saraswati diawali pementasan Tari Rejang Renteng, Tari Rejang Taman Sari, Tari Rejang Dewa, Tari Rejang Sari, Tari Baris Gede, Tari Topeng, Tabuh, dan Pesantian, yang dilakoni oleh guru maupun siswa. "Persembahyangan berlangsung khidmat," ujar Kepala SMPN 1 Semarapura, I Nyoman Karyawan.

Pihak sekolah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk pentas tari serangkaian persembahyangan Saraswati. "Kita ingin memberikan ruang kreativitas dalam bidang seni tari dan tabuh dalam pengembangan diri, untuk pembentukan karakter peserta didik menuju profil pemuda Pancasila," imbuh Karyawan.

Prosesi persembahyangan juga nampak khidmat di sekolah lainnya, seperti yang terpantau di SMPN 3 Semarapura, SMPN 1 Banjarangkan, dan lainnya. Termasuk diwarnai ilen-ilen aneka pentas tari.

Sehari sebelumnya sejumlah sekolah menggelar lomba antar kelas seperti Lomba Membuat Banten Gebogan, Banten Pejati, Banten Ajuman Putih Kuning, dan lainnya. *wan

Komentar