nusabali

Nelayan Batuniti Gelar Lomba Jukung

  • www.nusabali.com-nelayan-batuniti-gelar-lomba-jukung

AMLAPURA, NusaBali
Kelompok Nelayan Batuniti di Banjar Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, menggelar lomba jukung.

Lombna serangkaian peringatan HUT ke-18 kelompok nelayan ini. Teknis lomba, setiap peserta menyusuri perairan Desa Tulamben, mulai dari Pantai Batuniti, Banjar Muntig, sejauh 1 mil. Selanjutnya ke arah selatan menuju perairan Pantai Batubelah, Desa Datah, Kecamatan Abang, dan kembali ke perairan Desa Tulamben. Peserta finish di Pantai Batuniti, Banjar Muntig, Desa Tulamben, Senin (17/10).

Lomba dikoordinasikan Ketua Panitia I Gede Agus Antara, dipantau Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona dan jajaran. Seluruh rangkaian lomba lancer karena cuaca di laut sedang bersahabat, angin berhembus tipis, dan langit cerah.

"Ini lomba pertama kali," jelas Ketua Panitia I Gede Agus. Kata dia, lomba ini bertujuan untuk mempererat hubungan antaranggota Kelompok Nelayan Batuniti. Selama ini masing-masing anggota kelompok sibuk menangkap ikan. Maka dari itu, sekali-sekali perlu menggelar acara, meski tetap lokasinya tetap di laut, tetapi menghibur.

Lomba ini Juara I diraih I Komang Tama dengan hadiah Rp 2 juta, Juara II I Kadek Bono dengan hadiah Rp 1,2 juta, dan juara III I Komang Ledung dengan hadiah Rp 700.000.

Sselama lomba berlangsung, tidak ada nelayan dari Kelompok Nelayan Batuniti, menangkap ikan. Kapolsek AKP I Nengah Sona mengapresiasi kegiatan ini karena dapat dijadikan ajang menjalin hubungan lebih erat sesama nelayan. Lomba ini juga bisa jadi ajang koordinasi antarnelayan agar selama menangkap ikan tidak ada kendala.

Jika mengalami musibah agar para nelayan cepat memberikan pertolongan. "Sebab, menangkap ikan di laut sering saat cuaca tidak menentu, terutama angin kencang dan gelombang tinggi," katanya. *k16

Komentar