nusabali

Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal Meriahkan Aksiku

  • www.nusabali.com-lomba-bapang-barong-dan-makendang-tunggal-meriahkan-aksiku

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyaksikan lomba bapang barong dan makendang tunggal di alun-alun Ida I Dewa Agung Jambe, Kamis (14/10) malam.

Hari kedua Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan (Aksiku) juga dimeriahkan lomba membaca sloka, lomba palawakya, permainan rakyat, dan eksebisi baleganjur tingkat SMA/SMK. Aksiku hari ketiga, Jumat (14/10) malam dimeriahkan dengan lomba gong kebyar. Malam penutupan, Sabtu (15/10) dengan pementasan karawitan.

Bupati Suwirta menyaksikan lomba bapang barong dan makendang tunggal didampingi Ny Ayu Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, dan undangan lainnya. Aksiku tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya karena digelar secara langsung. Tahun lalu, Aksiku harus digelar secara daring dan sangat terbatas. Aksiku terselenggara berkat keberhasilan Museum Semarajaya di bawah Dinas Kebudayaan Klungkung naik kelas menjadi Museum Tipe A. “Kesenian dan kebudayaan wajib dilestarikan dan berkembang,” ujar Bupati Suwirta.

Menurutnya, dengan semakin banyaknya ruang pentas bagi seniman, seni dan budaya di Klungkung bisa makin diperkenalkan. Bupati mengajak generasi muda mengenal seni dan budaya. “Kami juga menggelar program pembinaan seni dan budaya,” ujar Bupati asal Nusa Penida ini. *wan

Komentar