nusabali

Tebing Pantai Kelingking Belum Aman

  • www.nusabali.com-tebing-pantai-kelingking-belum-aman

SEMARAPURA, NusaBali
Pantai Kelingking di Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, salah satu destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Karena pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat indah dengan tebing yang menjulang tinggi. Namun, di balik keindahan tersebut, keamanan pada tebing belum memadai. Karena pengaman tebing masih menggunakan kayu yang ditancapkan, hanya diikat tali dan belum permanen. Masalah ini mendapat atensi langsung dari Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, saat mengunjungi Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (17/9).

Di lain sisi, penataan di areal Pantai Kelingking masih terkendala masalah aset. "Aset di Pantai Kelingking di bagian bawah itu milik desa adat. Jadi, kami belum bisa masuk untuk penataan untuk pengamanan tebing," kata Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Anak Agung Putra Wedana, saat dihubungi Jumat (30/9).

Untuk itu, pihaknya akan mendiskusikan terkait penataan tersebut dengan desa adat setempat. Rencana, akan dilakukan kerja sama pengelolaan. Jika tidak memiliki dasar hukum formal maka pemerintah tidak bisa menata lokasi. "Kami tetap imbau kepada wisatawan maupun pemandunya untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan saat berwisata," harap Agung Wedana.

Seperti diketahui, belakangan ini terjadi beberapa kasus wisatawan mengalami kecelakaan saat berwisata di Pantai Kelingking dengan ketinggian tebing sekitar 300 meter. Di antaranya, seorang wisatawan asal Perancis, Rabot Jean Pascal Brayn, 30, tiba - tiba terhempas ombak besar usai berenang di Pantai Kelingking, Rabu (24/8) siang. Akibatnya korban langsung terhempas ke pesisir pantai hingga mengalami patah pada tulang lengan tangan kiri.

Selanjutnya, kasus kecelakaan akibat terhempas ombak kembali terjadi di Pantai Kelingking, kembali terjadi pada Jumat (23/9) pagi. Seorang wisatawan asal Jerman, Amelie Maryvonne Jacqueline,24, hingga mengalami patah tulang bahu sebelah kanan.

Selain itu, musibah maut pernah menimpa wisatawan asal Rusia, Karen Tatarenko, 22, tewas mengenaskan saat berwisata di Banjar Karangdawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (22/2/2018) siang. Bule perempuan berusia 22 tahun ini meregang nyawa setelah jatuh saat mengendarai sepeda motor dari atas tebing Pantai Kelingking.*wan

Komentar