nusabali

Penataan Pantai Kelingking Dirancang Rp 37 Miliar

  • www.nusabali.com-penataan-pantai-kelingking-dirancang-rp-37-miliar

Konsep One Gate One Destination diharapkan dapat mengurangi dan mencegah kebocoran retribusi.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sosialisasikan kerja sama pengelolaan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Pantai Kelingking, Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Selasa (19/9). Sosialisasi digelar di Balai Banjar Karang Dawa. Rancangan anggaran penataan Pantai Kelingking mencapai Rp 37 miliar. Sosialisasi diawali dengan pemaparan desain rencana penataan DTW Pantai Kelingking. 

Bupati Suwirta juga menyampaikan rencana One Gate One Destination yang akan dilauncing saat Nusa Penida Festival, Oktober 2023. Konsep ini diharapkan dapat mengurangi dan bahkan mencegah terjadinya kebocoran retribusi di lapangan. “Kami hadir untuk sosialisasikan kerja sama pengelolaan DTW dan menyerap masukan ide dan koreksi dari masyarakat terkait rencana penerapan konsep One Gate One Destination,” ujar Bupati Suwirta.

Penataan Pantai Kelingking meliputi pembangunan pintu masuk, aksesibilitas, stage, gazebo, bergola, tangga di tebing, penataan ruang terbuka hijau dengan memaksimalkan bunga bougenvile dan bangunan penunjang destinasi lainnya. Rencana anggaran pembangunan seluruhnya mencapai Rp 37 miliar dan akan dilakukan bertahap. Dengan objek tertata rapi diintegrasikan dalam satu konsep pelayanan retribusi One Gate One Destinasion, diharapkan dapat meningkatkan durasi kunjungan wisatawan di Nusa Penida. Layanan retribusi terintegrasi diharapkan tidak hanya membuat nyaman wisatawan, juga mengoptimalkan potensi penerimaan daerah.

Nusa Penida dengan sejumlah destinasi unggulan akan ditata dengan perencanaan yang matang. Tujuannya agar dapat memberikan nilai tambah untuk kenyamanan, ketenangan, dan keindahan bagi para wisatawan. “Semua niat baik pemerintah untuk menata destinasi ini bertujuan agar umur pariwisata Nusa Penida lebih panjang,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar