nusabali

Percantik LPJ dengan Sentuhan Ornamen Bali

Persiapan Jelang KTT G20 di Nusa Dua

  • www.nusabali.com-percantik-lpj-dengan-sentuhan-ornamen-bali

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah tiang Lampu Penerangan Jalan (LPJ) yang akan dilalui Kepala Negara dan Delegasi KTT G20 mendapatkan sentuhan ornamen Bali.

Hal itu membuat tiang tersebut sama bentuknya dengan ornamen LPJ Jalan Tol Bali Mandara. Selain itu, penggunaan tenaga listrik untuk sumber LPJ akan diganti menggunakan panel surya. Ruas jalan tersebut juga akan dipasangi CCTV oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII bersama pihak Polda Bali.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Badung Gede Swastika, dikonfirmasi via telepon, mengatakan pemasangan ornamen dan penggantian sumber energi LPJ menjadi satu paket dengan penataan sarpras kegiatan KTT G20 dan dilakukan oleh pemerintah pusat. “Pemasangan ornamen dan panel surya masih sedang dikerjakan di lapangan,” kata Swastika, Senin (19/9).

Dikatakan, Dishub Badung sifatnya hanya melakukan kegiatan sesuai ranah kewenangannya, yaitu memperbaiki kondisi lampu yang mengalami kendala atau mati. Sementara untuk pemasangan ornamen Bali dan penggantian panel surya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Adapun titiknya antara lain di sepanjang Jalan Bypass Ngurah Rai, Simpang Siligita sampai lokasi kegiatan di kawasan jalan menuju Hotel The Apurva Kempinski. “Kalau LPJ yang mendapat sentuhan itu jumlahnya sebanyak 25 unit,” kata Swastika.

Terkait pemasangan CCTV, Kepala BPTD Wilayah XII, Hanura Kelana Irianto, mengatakan sudah dirapatkan bersama dengan Polda Bali. Saat ini sudah dalam tahap survei lapangan oleh Polda Bali, mulai dari Jalan Bypass Ngurah Rai sampai di titik acara di Hotel The Apurva Kempinski. Rencananya ada sebanyak 29 titik CCTV yang dipasang, semuanya menggunakan anggaran pusat.

“Kami sudah rapatkan hal ini dan sudah lakukan survei bersama Polda Bali. Saat ini hasil rapat sudah diajukan ke pusat. Sebelum pelaksanaan KTT G20 harus sudah selesai,” katanya. *dar

Komentar