nusabali

Dibayangi Partai Penguasa

Demokrat Akui Hadapi Tantangan Berat di Pileg 2024

  • www.nusabali.com-dibayangi-partai-penguasa

GIANYAR, NusaBali
Jajaran Partai Demokrat Kabupaten Gianyar terang-terangan mengakui menghadapi tantangan berat pada Pileg 2024.

Tantangan berat ini akibat dari persaingan politik antarpartai yang kian ketat, ditambah masifnya kekuatan partai berkuasa (PDI Perjuangan).

Hal itu terkuak dalam acara tatap muka pengurus, para kader, dan simpatisan Partai Demokrat, di Sekretariat DPC Partai Demokrat Kabupaten Gianyar, Jalan Raya Andong, Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Gianyar, Jumat (9/9). Tatap muka tersebut serangkaian syukuran sekaligus peringatan HUT ke-21 Partai Demokrat dan HUT ke-73 pendiri Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Tatap muka dipandu oleh Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra alias Gus Gaga. Bayang-bayang partai penguasa yang membuat Demokrat hadapi tantangan berat ini, Gus Gaga dan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Gianyar, Tjokorda Gde Asmara Putra Sukawati alias Cok Anom menegaskan, satu-satunya langkah yang mesti dipertajam oleh para kader dan simpatisan adalah dengan bekerja keras, menguatkan konsolidasi baik internal dan eksternal.

Menurut Cok Anom yang dikuatkan Gus Gaga, dalam perjuangan partai, tak ada kata lelah, apalagi sampai menyerah. ‘’Jika toh harus bertahan, maka pertahanan terbaik adalah dengan membangkitkan segala sumberdaya yang ada,’’ ujar Cok Anom.

Wakil Ketua DPRD Bali dari Fraksi Demokrat ini mengingatkan, setiap kader dan simpatisan partai mesti yakin pada diri, untuk menghadapi segala tantangan yang ada. ‘’Tantangan ini harus kita hadapi, bahkan jadikan peluang agar kita tampil lebih maju,’’ imbuh politisi asal Puri Ubud, Kecamatan Ubud ini.

Kata Cok Anom lagi, dengan situasi selama ini, dirinya bersama jajaran pengurus sangat optimis dengan kerja keras para kader dan simpatisan. Karena Partai Demokrat bukan partai kemarin sore.

Lanjut Cok Anom, dalam perjalanan politik bangsa ini, Demokrat punya pengalaman berjuang baik di tingkat nasional dan daerah. Kondisi ini menjadikan Partai Demokrat makin matang dalam melakoni setiap hajatan politik. Terbukti, khusus di Gianyar, Partai Demokrat selalu mampu menampilkan satu fraksi di DPRD Gianyar. ‘’Karena itu pula, untuk Pileg 2024 nanti, kami targetkan partai ini bisa meraih satu fraksi dengan minimal satu anggota dari setiap dapil (daerah pemilihan) di Kabupaten Gianyar,’’ tegasnya.

Untuk diketahui, pada Pileg nanti, di Kabupaten Gianyar akan ada 7 dapil sesuai jumlah kecamatan, yakni Dapil Sukawati, Blahbatuh, Gianyar, Tampaksiring, Ubud, Tegallalang, dan Payangan. Pada pileg tahun-tahun sebelumnya, di Kabupaten Gianyar hanya terbagi menjadi 4 dapil. Karena Kecamatan Blahbatuh dan Tampaksiring tergabung dalam satu dapil. Demikian juga untuk Kecamatan Payangan dan Tegallalang masih tergabung menjadi satu dapil. Hasil Pileg 2019 lalu, Partai Demokrat Gianyar berhasil meraih 4 kursi di DPRD Gianyar dan satu kursi di DPRD Bali. *lsa

Komentar