nusabali

Julie Laiskodat: Segera Tuntaskan DPRt Sebelum Desember

  • www.nusabali.com-julie-laiskodat-segera-tuntaskan-dprt-sebelum-desember

DENPASAR, NusaBali.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bali memastikan kejar target untuk menuntaskan seluruh struktur partai hingga tingkat desa/ranting (DPRt) sebelum Desember 2022.

Hal itu dikatakan Ketua DPW NasDem Bali Julie Soetrisno Laiskodat saat memimpin rapat koordinasi antara DPW dan DPD Kabupaten se-Bali, Rabu (7/9/2022) sore, di Sekretariat DPW NasDem Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar.

"Saya meminta agar pencapaian struktur seluruhnya sampai tingkat desa bisa rampung sebelum Desember mendatang," tegasnya.

Menurut Julie, pencapaian struktur ini sangat penting dan urgensi. Sebab kerja-kerja politik itu sesungguhnya berada di akar rumput. 

"Untuk kita bisa berdiri kuat, perlu kaki-kaki dimulai dari tingkat paling terdepan yakni desa dan kelurahan," ujar anggota Komisi IV DPR RI ini.

Ia mengingatkan bahwa pencapaian struktur hasil rapat koordinasi di seluruh DPD Kabupaten/Kota selama bulan Agustus lalu baru mencapai 67 persen. Sebab itu kini harus kerja keras, kerja terukur dan kerja cerdas untuk menyakinkan kader agar semua DPRt NasDem seluruh Bali bisa terisi.

Kendati demikian, menurut Julie yang juga Ketua Pemenangan Teritorial Wilayah Bali, NTB, NTT, mengakui memang kendala terbesar serta tantangan adalah di tingkat Desa. 

Karena itu, ia berharap semua kader mengedepankan kerja sama, mulai dari pengurus DPC, DPD dan DPW. 

"Inilah tugas kita bersama, mumpung masih ada waktu sambil menunggu hasil verifikasi parpol berakhir, mari kita berjibaku segera tuntaskan struktur tersebut," tutur istri dari Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dalam rapat koordinasi ini juga dibahas penyiapan para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di setiap daerah pemilihan (Dapil), untuk diberikan kepercayaan penuh kepada DPC dan DPD dalam merekrut Bacaleg sampai 150 persen dari jumlah kursi per-Dapil.

Hal ini dimaksud, untuk mengantisipasi di tengah jalan sebelum daftar calon sementara (DCS) ditetapkan ada bacaleg yang berhalangan tetap atau menarik diri dari calon. 

Mekanisme bacaleg lanjut Julie, tentu merujuk pada aturan yang diturunkan oleh DPP NasDem, misalnya seorang bacaleg harus ada survei tentang dirinya, apakah punya basis suara di akar rumput, sehingga saat maju jadi calon legislatif nantinya mampu bersaing dengan sesama caleg secara internal dan secara eksternal. 

Sementara itu, Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali I Nyoman Winatha meminta agar struktur kepengurusan DPRt yang sudah selesai segera disampaikan ke sekretariat DPW. 

"Lebih cepat lebih baik, sehingga DPW segera mengeluarkan SK pelantikannya," kata politisi yang juga praktisi pariwisata ini.

Menurut Winatha, rencana  pelantikan  DPRt dilakukan bulan November mendatang untuk delapan kabupaten, sedangkan khusus Kota Denpasar yang sudah lengkap akan dilantik awal bulan Oktober depan.

"Luar biasa Denpasar, selamat dan sukses atas kerja kerasnya," puji politisi asal Banjar Palasari, Desa Ekasari, Melaya, Kabupaten Jembrana, tersebut.*aps

Komentar