nusabali

Data Sementara, 167.341 Warga Bali Tercatat sebagai Penerima BLT

Dinsos P3A Bali Kawal Pembagian BLT BBM

  • www.nusabali.com-data-sementara-167341-warga-bali-tercatat-sebagai-penerima-blt

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah menjanjikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM akan dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera pada pekan ini.

Meskipun pembagian BLT langsung diberikan pemerintah melalui PT Pos Indonesia (Kantor Pos), Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Provinsi Bali siap mengawal pelaksanaannya untuk memastikan BLT tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial P3A Bali I Dewa Gede Mahendra Putra, menuturkan belum ada petunjuk teknis pembagian BLT. Menurutnya data jumlah penerima juga belum final. Hingga Senin (5/9), terdapat 167.341 warga Bali yang terdata sebagai penerima BLT BBM. Jumlah tersebut sangat mungkin bertambah.

“Fungsi kami di sini untuk mengkoordinasikan saja,” ujar Dewa Mahendra, di kantornya, di Jalan Cok Agung Tresna, Niti Mandala, Denpasar, Selasa (6/9).

Dewa Mahendra mengatakan, data penerima BLT nantinya diambil dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), yakni mereka yang selama ini menerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

“Kriterianya berdasarkan irisan PKH dan BPNT, datanya kan dari DTKS,” kata Dewa Mahendra.

Seperti yang disampaikan Kementerian Sosial, lanjut Dewa Mahendra, warga yang berhak menerima BLT akan menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu untuk 4 bulan.

“Sesuai ketentuan pusat, mereka akan menerima empat tahap mulai September hingga Desember 2022. Namun Kemensos akan memberikan dua kali masing-masing Rp 300.000 di bulan September dan Desember,” ucap Dewa Mahendra.

Dewa Mahendra menjelaskan, para penerima BLT nantinya bisa datang langsung ke Kantor Pos, sementara bagi yang tidak bisa datang akan dibawakan langsung oleh pihak Kantor Pos langsung ke kediaman.

Kendati data penerima BLT BBM belum valid, namun Dewa Mahendra membocorkan sebanyak 50 orang di Denpasar sudah menerima BLT BBM. Dikatakannya, pembagian oleh Kantor Pos Denpasar tersebut sebagai bentuk launching pembagian BLT BBM di Bali.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, membenarkan jika 50 warga Denpasar sudah menerima BLT BBM. Namun, Ayu Laxmy mengaku belum mendapatkan jumlah pasti penerima BLT dan jadwal lebih lanjut.

“Sebagai update disampaikan, jadwal penyaluran belum bisa kami tetapkan karena masih menunggu instruksi dari kantor pusat (Kemensos). Karena data langsung dari Kemensos ke PT Pos,” ujarnya.

Namun untuk data sementara Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT BBM Kota Denpasar, menurut Ayu Laxmy, hingga 5 September 2022 ada sebanyak 2.516 orang. *cr78

Komentar