nusabali

Sudah UHC, Warga Tabanan Tak Perlu Menunggu Berobat

  • www.nusabali.com-sudah-uhc-warga-tabanan-tak-perlu-menunggu-berobat

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan sandang predikat  Universal Healt Coverage (UHC).

Predikat ini langsung diapresiasi dengan piagam penghargaan yang diserahkan Deputi Direksi BPJS wilayah Bali, NTT, dan NTB Yudi Bastia kepada  Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, Kamis (1/9).

Saat ini total peserta yang tercover JKN-KIS di Tabanan per 1 Agustus 2022 mencapai 95,35 persen atau cakupan kepesertaan sebesar 442.185 dari jumlah penduduk 463.766 jiwa.

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengatakan, capaian UHC ini merupakan komitmen Tabanan dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan. “Dengan sudah UHC artinya Pemkab Tabanan telah memberikan jaminan kesehatan hampir kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Dengan menyandang status UHC, warga Tabanan sudah bisa menikmati layanan kesehatan di hari pertama mendaftar, tanpa harus menunggu 14 hari kemudian. “Hal ini sangat penting, ketika ada layanan kesehatan mendesak, sudah bisa diatasi,” kata Sanjaya.

Sementara itu Deputi Direksi BPJS wilayah Bali, NTT, dan NTB Yudi Bastia berharap Pemkab Tabanan tetap memberikan dukungan untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan jumlah kepesertaan JKN-KIS di wilayah Tabanan. “Ini bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan,” kata Yudi Bastia setelah menyerahkan piagam penghargaan di Kantor Bupati Tabanan. *des

Komentar