nusabali

Dinas LHK Tata Taman di Jalan Raya Kuta

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-tata-taman-di-jalan-raya-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung berencana akan menata sejumlah taman di wilayah kampung turis Kuta.

Penataan ini seiring meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke kawasan tersebut. Salah satu titik yang mendapat sentuhan penataan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK), yakni di Jalan Raya Kuta. Titik itu nanti akan ditanami bunga dan juga dibangun patung.

Kepala Dinas LHK Badung I Wayan Puja, mengatakan penataan taman dilakukan atas dasar usulan dari masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kuta dan kemudian difasilitasi dewan. Rencana penataan, lanjutnya, berupa beautifikasi. “Beutifikasi ini untuk memperkuat image pariwisata Kuta seiring dengan pemulihan kondisi pariwisata Bali. Ini atas inisiatif dari masyarakat,” ujarnya, Selasa (23/8).

Area taman yang akan ditata memang relatif kecil. Namun berkaca dari lokasi taman yang cukup strategis, hal itu dinilai akan memperkuat identitas Kuta sebagai kawasan destinasi wisata.

Selain menata pertamanan, Dinas LHK juga akan membangun patung yang mengambil karakter Legong Keraton. Hal tersebut sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap I Wayan Lotring, maestro tabuh palegongan Legong Keraton yang notabene seniman asli Kuta. “Penataan itu sekaligus untuk menghilangkan kesan kumuh. Dengan ditata itu akan menjadi lebih cantik dan hijau,” kata Puja.

Berdasarkan informasi yang tertera pada papan proyek, penataan merupakan kegiatan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati. Dengan jenis pekerjaan berupa Belanja Modal Taman, Penataan Taman di Kelurahan Kuta. Proyek itu dilaksanakan oleh CV Bunga Harum, dengan konsultan perencana dari PT Tata Rencana Hijau dan konsultan pengawas CV Bina Bwana Wisesa. Kontrak pekerjaaan dimulai 4 Agustus 2022, dengan waktu pelaksanaan 45 hari kalender. Adapun anggaran yang digelontor mencapai Rp 193.030.000. *dar

Komentar