nusabali

CCTV Bakal Awasi Pembuang Sampah di Mangrove Nusa Dua

  • www.nusabali.com-cctv-bakal-awasi-pembuang-sampah-di-mangrove-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali.com – Meski spanduk larangan membuang sampah sembarangan di Hutan Mangrove kawasan Nusa Dua sudah terpasang sejak Sabtu (9/9/2023) lalu, namun masih saja ada ‘oknum’ masyarakat yang membuang sampah di lokasi dekat Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Badung.

“Sampah sudah diangkut oleh Divisi Sampah BUPDA Desa Adat Bualu. Yang dibersihkan sementara belum ada pembuangan sampah lagi dari oknum. Tetapi ke utara masih saja ada yang melempar sampah pakai tas plastik sambil naik motor,” ujar Bendesa Adat Bualu, I Wayan Mudita saat dikonfirmasi pada Rabu (13/9/2023).

Dikonfirmasi secara terpisah, Camat Kuta Selatan, Ketut Gede Arta pun menyayangkan hal tersebut. Meski sudah terpasang larangan membuang sampah di bagian selatan Lapangan Lagoon, namun oknum malah membuang sampah di bagian lainnya.
 
“Sampah itu harus diselesaikan oleh diri sendiri. Kalau tidak punya tempat sampah, harus mencari atau berlangganan. Jangan dibuang sembarangan karena itu namanya memindahkan masalah dan memunculkan persoalan baru. Ini harus disadari oleh siapa pun bahwa sampah itu harus diselesaikan sendiri,” harapnya.

Gede Arta juga membeberkan, bahwa ada perencanaan untuk memasang kamera CCTV di kawasan tersebut. Namun pihaknya juga akan mengkomunikasikan hal itu dengan pihak manajemen ITDC Nusa Dua. Sehingga, ia berharap dengan terpasangnya CCTV, ke depan pihaknya akan lebih mudah melakukan pengawasan di kawasan tersebut.

“Mudah-mudahan ke depan ada Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan sehingga bisa kami pasang CCTV nanti di sana. Ini yang rencana akan kami koordinasikan dengan stakeholder yang ada di sana. Sehingga kami bisa mengawasi, kalau kami nongkrong di satu tempat selama 24 jam tidak mungkin,” ungkapnya.

Di sisi lain, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama selalu menjaga kebersihan lingkungan dan alam. Sebab jika ingin wisatawan lebih banyak berkunjung, maka ia harap harus dibarengi dengan lingkungan yang bersih pula. *ris

Komentar