nusabali

2.735 Ekor Sapi Divaksinasi Dosis 2

  • www.nusabali.com-2735-ekor-sapi-divaksinasi-dosis-2

Di Kabupaten Klungkung terdapat 43.289 ekor sapi, terbanyak di Kecamatan Nusa Penida.

SEMARAPURA, NusaBali
2.735 ekor sapi di Klungkung divaksinasi dosis 2, untuk pencegahan penyakit kuku dan mulut (PMK). Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan vaksin yang sudah diterima hingga saat ini 14.000 dosis.

Adapun vaksinasi sudah didistribusikan untuk 6.817 ekor sapi untuk vaksinasi dosis 1, dan vaksinasi dosis kedua 2.735 ekor. "Kami bersinergi dengan Polri/TNI untuk vaksinasi ini," ujar Juanida, Kamis (18/8).

Kata dia, sasaran vaksinasi masih di Klungkung Daratan, yakni Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan. Sedangkan Kecamatan Nusa Penida hingga saat ini belum disentuh vaksin, karena belum ditemukan kasus PMK.

Seperti diketahui, di Klungkung baru ditemukan satu kasus PMK. "Tidak ada penambahan kasus," imbuh Juanida. Di Kabupaten Klungkung terdapat 43.289 ekor sapi, terbanyak di Kecamatan Nusa Penida 24.786 ekor sapi, disusul Kecamatan Banjarangkan 9.780 ekor, Dawan 4.771 ekor, dan Klungkung 3.952 ekor. "Kami berupaya agar semua ternak sapi di Kabupaten Klungkung divaksinasi agar terjaga dari PMK," ujar Juanida.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Aiptu I Made Sutama mendampingi petugas Kesehatan Hewan Klungkung  untuk memvaksinasi dosis dua pada 40 ekor sapi, Senin (15/8), di Desa Gelgel. Dia mengimbau masyarakat jika memiliki ternak dengan ciri-ciri mulut keluar lendir, lepuh di bawah hidung, dan luka pada bagian kuku, agar segera melapor kepada petugas.*wan

Komentar