nusabali

Kodam Udayana Luncurkan Aplikasi E-Praja Raksaka

Bisa Lapor Gangguan Keamanan hingga Penilaian Terhadap Babinsa

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-luncurkan-aplikasi-e-praja-raksaka

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menunjang tugas setiap hari sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.

Pada HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8), Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto melaunching Aplikasi E-Praja Raksaka yang dapat diunduh di App Store Android. Melalui Aplikasi E-Praja Raksaka ini diharapkan dapat menunjang tugas pokok Kodam IX/Udayana agar lebih maksimal, efektif, dan efisien. Melalui aplikasi ini juga masyarakat bisa memberikan laporan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu atau mengancam keamanan dan kenyamanan.

Pangdam menjelaskan, Aplikasi E-Praja Raksaka memiliki fitur laporan kegiatan Babinsa yang dipergunakan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Fitur tersebut juga mengajak serta 'Sobat Karib' atau tokoh masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kegiatan dilaksanakan oleh Babinsa.

"Terdapat juga fitur Pengaduan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tentang keamanan, bencana alam, pengawasan orang asing, radikalisme maupun kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerahnya," ujar Pangdam menjelaskan fungsi dan kegunaan lain Aplikasi E-Praja Raksaka di di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Dijelaskan pula bahwa terdapat fitur bantuan cepat yang diperuntukan untuk masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana yang membutuhkan bantuan masalah keamanan maupun bencana alam dengan tingkat urgensi yang tinggi sehingga diketahui dan mendapatkan respon cepat Babinsa setempat.

"Laporan tersebut akan langsung terhubung dengan Sistem Pusat Komando E-Praja Raksaka yang di dalamnya telah tergabung jajaran Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana, sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing," jelas Pangdam.

Sebagai wadah untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat, Pangdam juga menyampaikan bahwa pada Aplikasi E-Praja Raksaka juga terdapat fitur Portal Informasi yang berfungsi sebagai media resmi Kodam IX/Udayana untuk memberitakan setiap informasi kepada masyarakat.

"Pesan saya kepada seluruh prajurit Kodam IX/Udayana maupun masyarakat, agar memanfaatkan Aplikasi E-Praja Raksaka dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam meminta bantuan dan mengakses informasi terkait kegiatan Babinsa di wilayahnya masing-masing," tutur Pangdam.

Pangdam berharap dengan adanya Aplikasi E-Praja Raksaka, dapat meningkatkan hubungan antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat serta membantu TNI khususnya Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokok melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. *pol

Komentar