nusabali

PKP dan Gerindra Gianyar Siapkan 1.130 Kader

Menjelang Verifikasi Parpol di Kabupaten/Kota

  • www.nusabali.com-pkp-dan-gerindra-gianyar-siapkan-1130-kader

‘Dengan penambahan kuota dari 40 menjadi 45 kursi pada 2024, PKP punya peluang besar menambah kursi dewan di Gianyar’

GIANYAR, NusaBali

Partai politik (parpol) di Kabupaten Gianyar sangat siap mengikuti tahapan verifikasi dan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024. Ketua DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten) Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Gianyar Ngakan Ketut Putra mengatakan PKP di Gianyar menyiapkan 1.130 kader untuk mengikuti verifikasi dari KPU. Sementara DPC Partai Gerindra Gianyar juga siapkan 1.130 kader lebih menghadapi verifikasi di Gianyar.

Pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 sudah dimulai, Senin (1/8) yang dipusatkan secara nasional di KPU RI. Pendaftaran akan berakhir pada Minggu (14/8) mendatang. Untuk verifikasi dan klarifikasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota. Salah satunya klarifikasi keanggotaan parpol calon peserta pemilu.

Ngakan Putra menyebutkan, PKP sudah mendaftar di hari pertama pendaftaran ke KPU RI pada pukul 08.00 WIB-09.00 WIB, atau setelah PDI Perjuangan (PDIP) melaksanakan pendaftaran.

Kata Ngakan Putra, hal tersebut menunjukkan secara nasional, PKP telah memiliki kelengkapan administrasi. Mulai dari kantor tetap, keanggotaan partai, hingga keterwakilan 30 persen kader perempuan. "Kita sudah sangat siap. Tadi pusat (kemarin,red) sudah mendaftar di KPU RI. Saat ini kita tinggal menunggu verifikasi dari KPU Gianyar," ujar politisi yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Gianyar ini.

Ngakan Putra menyiapkan 1.130 kader yang datanya valid. Tidak sekedar mencantumkan nama warga masyarakat menjadi kader PKP. Jumlah tersebut berlipat ganda dari Pileg 2019 silam, yang hanya mencapai 500 kader. “Dulu kita siapkan 500-an kader, saat ini 1.130 orang kader. Mereka tersebar di setiap kecamatan dengan data yang valid,” ujar Ketua Fraksi Indonesia Raya ini.

Ngakan Putra mengatakan PKP Gianyar optimis akan meloloskan banyak kader ke DPRD Gianyar pada Pemilu 2024. Sebab, Pileg 2024 nanti, jumlah kursi di DPRD Gianyar mengalami penambahan, yakni dari 40 kursi menjadi 45 kursi. “Dengan penambahan kuota dari 40 menjadi 45 kursi pada 2024, PKP punya peluang besar menambah kursi dewan di Gianyar,” tegas pria berbadan jangkung ini.

Sementara, Ketua DPC Gerindra Gianyar  I Wayan Tagel Arjana menyiapkan 1.130 lebih kader partai untuk diverifikasi oleh KPU Gianyar. Syarat keanggotaan partai minimal 1.000 orang di kabupaten/kota untuk proses verifikasi ini kata Tagel Arjana datanya valid. DPP Gerindra kata dia, akan mendaftar ke KPU RI pada 8 Agustus mendatang.”Syarat administrasi kita sudah siap, tinggal menunggu pendaftaran di pusat pada 8 Agustus. Dalam verifikasi di Gianyar kita daftarkan 1.130 kader. Sebenarnya jumlah kader kami lebih dari itu,” ujar mantan Anggota Komisi I DPRD Bali Dapil Gianyar periode 2014-2019 ini. *nvi

Komentar